MAKNA BALAP LIAR DI KALANGAN REMAJA (KOMUNITAS BALAP LIAR TIMUR TENGAH MOTOR MOJOKERTO)

  • ARIS WAHYU PAMUNGKAS

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Makna balap liar di kalangan remaja Komunitas Balap Liar T2M, Mojokerto memiliki motif sebab yang berbeda-beda, motif sebab ini didasarkan atas kondisi lingkungan baik keluarga maupun teman-teman pelaku.Penelitian ini dilaksanakan di Desa Randugenengan kecamatan Dlanggu kabupaten Mojokerto.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.Teknik Pendekatan fenomonologi yang digunakan dalam penelitian ini dimaksudkan untuk menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata lisan atau tulisan dari manusia atau tentang perilaku manusia yang dapat diamati.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu data primer, data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung dari subyek penelitian dengan menggunakan alat pengukuran atau alat pengambilan data langsung pada subyek sebagai sumber informasi yang dicari.Data sekunder, Data yang diperoleh lewat pihak lain, tidak langsung diperoleh oleh peneliti dari subyek penelitiannya.Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif, teknik analisis yang tidak bersifat numerik melainkan bersifat deskriptif. Dengan kata lain mendeskripsikan jawaban dari rumusan masalah dalam bentuk uraian. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa untuk mengetahui motif sebab yang ada pada remaja di komunitas T2M adalah sebab mengikuti trend yang sedang booming di kalangan remaja-remaja dimana sebab ini muncul karena sifat remaja yang suka ikut-ikutan dan mudah terpengaruh. Selain itu, naluri remaja yang senang dengan kegiatan memacu adrenalin dan melakukan suatu hal yang membuat dia merasa bebas dari kekangan aturan baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis atau norma agama. Kemudian sebab hobi, sebab hobi ini muncul dikarenakan kegemaran remaja dalam hal otomotif yang berawal dari kegemaran pada modif body air brush pada motor dan lantas menjadi hobi dalam memodifikasi mesin untuk menjadikan laju motor yang melebihi kecepatan dari motor pabrikan.

Kata Kunci: makna balap liar, komunitas, remaja.

 

Abstract

This research aims to determine the meaning of illegal street racing at among youth in community illegal street racing Timur Tengah Motor (T2M), Mojokerto have a motive cause different, cause the motive is based on the environmental conditions both family and friends offender.This research was conducted in the village of Mojokerto regency Randugenengan districts Dlanggu.This research uses a descriptive qualitative method. Fenomonologi approach technique used in this research intended to produce an descriptive data in the form the words of spoken or written of man or of human conduct that can be observed. Techniques of collecting data used primary data, data obtained or collected directly from the subject of research by using a measurement or data retrieval tool directly on the subject as the source of the information sought. Secondary data, the data obtained by others, not directly obtained by the researchers of the subjects of the study. The data analysis technique used is qualitative analysis, analytical techniques that are not numerical but descriptive. In other words to describe the answer to the problem in in narrative form.The results of this study stated that to determine the motive cause the existing with teenagers in the community T2M is cause to follow the trend that is booming among the teens where this cause appears because of the nature of teenagers who liked join in and impressionable. Additionally, the instinct teens were happy with the activities of adrenaline and do something that makes him feel free of the restraints of the rules of both written and unwritten or religious norms. Then cause a hobby, a hobby cause it arose because teenage craze that originated in automotive terms of indulgence in air brush body mods on the motor and then became a hobby in modifying the engine to make the motor speed that exceeds the speed of the motor manufacturer.

Keywords:meaning of illegal street race, community, youth.

 

Published
2016-07-27
How to Cite
WAHYU PAMUNGKAS, A. (2016). MAKNA BALAP LIAR DI KALANGAN REMAJA (KOMUNITAS BALAP LIAR TIMUR TENGAH MOTOR MOJOKERTO). Paradigma, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16359
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 314