ANALISIS PRAKTIK KOMODIFIKASI BAHASA MOTIVATOR DALAM ACARA SEMINAR MOTIVASI BERBAYAR

  • SHOLIHATUL MUNIROH

Abstract

Abstrak

Munculnya pelatihan-pelatihan motivator menjadi sebuah bukti bahwa bidang motivasi menjadi lahan bisnis hingga memunculkan motivator/trainer muda yang siap untuk terjun pada ranah-ranah motivasi (seminar). Selain itu, munculnya seminar-seminar motivasi berbayar juga menjadi bukti adanya praktik komodifikasi dimana dengan mengadopsi teori ekonomi mikro tentang permintaan dan penawaran, maka diperoleh tahapan praktik komodifikasi bahasa tersebut. Melalui strukturalisme genetik Pierre Bordieu, dapat diketahui praktik-praktik yang terjadi dalam seminar motivasi. Berdasarkan habit yang cocok, modal yang pas, serta ranah yang mendukung, maka diperoleh tiga praktik, yaitu motivator sebagai profesi, motivator sebagai penyalur hobi, dan motivator sebagai kewajiban. Sebagai sebuah profesi, motivator giat dalam mempromosikan diri, mengadakan event, serta melakukan tawar menawar dalam menentukan harga yang harus dibayar. Keseluruhan praktik tersebut bertujuan agar mereka lebih dikenal banyak orang serta lebih banyak diundang. Kedua, motivator sebagai penyaluran hobi. Sebagai bentuk penyaluran hobi, motivator sering memberikan suntikan motivasi kepada teman-temannya serta memberikan motivasi gratis. Mereka tidak terlalu membanggakan title motivator yang dimiliki. Selanjutnya, motivator sebagai sebuah kewajiban, dimana para motivator memberikan materi motivasi semata-mata karena sebuah kewajiban. Mereka tidak terlalu memusingkan persaingan dan title yang dimiliki serta tidak selalu promosi diri.

Kata Kunci : Komodifikasi, Bahasa, Motivator, Seminar

 

Abstract

The emergence of training motivator be a proof that the area of ​​motivation become a commercial enterprise to bring motivator / young trainer who is ready to plunge in the domains of motivation (seminar). In addition, the emergence of motivational seminars pay also be evidence of the practice of adopting the commodification where microeconomic theory of demand and supply, the obtained phases commodification practice the language. Through genetic structuralism Pierre Bourdieu, it is known practices that occur in a motivational seminar. Based habit suitable, appropriate capital, as well as the realm of the support, the obtained three practices, namely motivator as a profession, as a motivator dealer hobby, and motivator as a liability. As a profession, motivator active in promoting themselves, hold events, as well as make a bargain in determining the price paid. Overall practices are aimed at making them better known and more and more people are invited. Second, motivator as a hobby. As a form of hobby, often giving an injection of motivation motivator to her friends as well as provide motivation for free. They are not too proud title owned motivator. Furthermore, motivator as an obligation, where the motivator provides motivational material solely because an obligation. They did not think much about the competition and the title is owned and are not always self-promotion.

Key Words : Commodification, Language, Motivator, Seminar

Published
2016-07-28
How to Cite
MUNIROH, S. (2016). ANALISIS PRAKTIK KOMODIFIKASI BAHASA MOTIVATOR DALAM ACARA SEMINAR MOTIVASI BERBAYAR. Paradigma, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16425
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 47