PILIHAN RASIONAL SALES PT SINAR MITRA SENTOSA MANDIRI FINANCE DALAM MENDAPATKAN GAJI TAMBAHAN DI SIDOARJO

  • YESSI ARGANINGRAT

Abstract

Abstrak

Gaji tambahan merupakan hasil yang ingin didapatkan untuk mencukupi kebutuhan hidup yang melampaui batas pendapatan. Penelitian ini dilakukan di Sidoarjo yaitu di PT Sinar Mitra Sepadan Finance karena kegiatan mendapatkan gaji tambahan banyak dilakukan oleh sales perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pilihan rasional sales dalam mendapatkan gaji tambahan di perusahaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Metode yang digunakan untuk mengambil subjek adalah snowball serta teknik dalam mengambil data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah pilihan rasional sales untuk mendapatkan gaji tambahan dipengaruhi oleh kebiasaan di lingkungan kerja dengan tujuan mendapatkan gaji untuk memenuhi kebutuhan hidup. Aktor dan sumber daya merupakan yang mempengaruhi pilihan rasional sales. Aktor memilih pilihan berdasarkan tindakan rasional yang dilakukan antara lain tindakan rasional tradisional, afektif, instrumental dan nilai. Tujuan dari aktor melakukan pilihan rasional adalah untuk mendapatkan sumber daya yaitu ekonomi yang lebih baik untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Kata Kunci: Gaji tambahan, sales, pilihan rasional.

 

Abstract

Additional salary is a result to be obtained for a living that exceeds the income limit. This research was conducted in Sidoarjo, namely PT Sinar Mitra Worth Finance for a salary many additional activities undertaken by the company sales. This study was conducted to determine the sales rational choice in getting additional salary in the enterprise. This study is a qualitative study using phenomenology approach of Alfred Schutz. The method used to take the subject is the snowball and techniques in retrieving data through interviews and observations. The results obtained from this study is the rational choice to earn additional sales are influenced by the customs in the workplace with the aim of getting a salary to make ends meet. Actors and resources is affecting sales of rational choice. Actors choose a rational choice based on the actions undertaken include traditional rational action, affective, instrumental and value. The purpose of the actor doing the rational choice is to get the resources that a better economy for a living.  

Keywords: Additional salary, sales, rational choice.

Published
2016-08-05
How to Cite
ARGANINGRAT, Y. (2016). PILIHAN RASIONAL SALES PT SINAR MITRA SENTOSA MANDIRI FINANCE DALAM MENDAPATKAN GAJI TAMBAHAN DI SIDOARJO. Paradigma, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16618
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 33