IDENTITAS VIRTUAL MAHASISWA UNESA PENGGUNA BLACKBERRY MESSENGGER (BBM)

  • FUTIKHATUL ULUM MIA

Abstract

ABSTRAK

Di zaman modern seperti sekarang kebutuhan akan teknologi menjadikan masyarakat modern sangat individual, karena daya konsumsi teknologi pada masyarakat modern sendiri sangat tinggi, hal ini terbukti teknologi digunakan oleh orang dewasa hingga anak kecil. Penggunaan teknologi saat ini dapat digolongkan dengan berbagai macam bentuk, dimana media sosial yang menjadi bagian dari kemajuan teknologi, memiliki beberapa macam media sosial yang ada, salah satunya adalah media sosial Blackberry Messenger (BBM), yang digunakan untuk melakukan interaksi dan komunikasi dengan sesama pengguna media sosial (BBM) lainnya. Pada saat ini media sosial Blackberry Messenger (BBM),digunakan oleh 100 juta pengguna diseluruh dunia. Sifat pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dimana menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, maupun bahasa yang disampaikan oleh (subyek penelitian), dan pengamatan yang dilakukan untuk dapat memaknai serta mengkaji segala teks-teks dan gambar yang ada didalam komunitas virtual Blackberry Messenger (BBM). Pendekatan yang dipilih adalah dramaturgi Erving Goffman dimana untuk mengetahui panggung depan dan panggung belakang yang digunakan oleh mahasiswa Unesa saat menciptakan identitas virtual di (BBM), selain itujuga untuk mengetahui bentuk-bentuk identitas virtual apa saja yang dapat diciptakan dalam media sosial tersebut. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Unesa pengguna media sosial Blackberry Messenger (BBM) menciptakan identitas virtualnya, dengan berbagai bentuk identitas yang diciptakan, selain itu juga mereka menggunakan pesan status personal messege (PM) dan foto profile display picture (DP), untuk sarana mengungkapkan identitasnya. Bentuk-bentuk identitas virtual yang diciptakan mahasiswa Unesa diantaranya sebagai seorang pencinta olahraga bulu tangkis, sebagai seorang gemar melakukan aktivitas berenang, sebagai seorang warga dari Madura (melalui nama akun yang dipakai berupa plat nomer kendaraan), sebagai seorang aktif diorganisasi kampus, seorang gemar travelling, seorang penjual pakaian online, seorang penjual kue, dan juga sebagai agen traveller ditempat wisata di wilayah Madura. Mereka mengungkapkan identitas virtual yang dimilikinya melalui postingan yang sering dilakukan, dan postingan tersebut merupakan bentuk panggung depan dan panggung belakang yang dimiliki mahasiswa Unesa di komunitas online Blackberry Messenger (BBM), selain itu juga mereka semua memiliki identitas tetap yakni sebagai mahasiswa Unesa yang aktif dikampus, dan identitas tersebut merupakan jati diri yang dimilikinya di dunia nyata. 

Kata kunci : Identitas virtual, Mahasiswa Unesa, Blackberry Messenger (BBM)

 

ABSTRACT

In modern times like now need for technology made modern society very individual, because of the consumption of technology on modern society own very high, it is proven technology used by adults and children.The use of technology current can be classed with a great variety of, where social media that are part of technological progress, have some kind of existing social media, one of which is social media blackberry messenger (BBM ) fuel, used to perform interaction and communication with other users social media (BBM) other fuel.Today social media blackberry messenger (BBM) fuel, used by 100 million users around the world.The nature of on research is descriptive qualitative where produce numbers of kata-kata written or spoken of orang-orang and behavior observable, or language delivered by ( subject ) research, and the observation made to perceive and examine all teks-teks and the picture in a community of virtual blackberry messenger (BBM ) fuel.Approach were dramaturgy Erving Goffman where to know the stage front and the stage back used by students unesa when created identity virtual in (BBM), it is also determine forms identity virtual whatever created in the social media.Results in the research indicated that college students are unesa users social media blackberry messenger (BBM) create identity virtualnya, by various forms identity created, it is also they use status message personal messege ( pm ) and a photograph of profile display picture ( dp ), to a means of expressing his identity.Forms identity virtual created students unesa among others as a lover sports badminton , as a substance activity swimming , as a citizen of madura ( through account names used plate number of vehicles ) , as a active organized campus , a is traveling , a seller of clothing online , a seller of cake , and also as agent traveller in tourism in the madura .They reveal the identity of virtual available through post often held by , and the post is a form of the stage front and the stage back owned students unesa of the community online blackberry messenger ( bbm ) , it is also they all have identity fixed namely as a student unesa active dikampus , and on that identity is identity the guy had in the real world .

Keywords: Virtual Identity, Student Unesa, Blackberry Messenger (BBM).

 

Published
2016-08-16
How to Cite
ULUM MIA, F. (2016). IDENTITAS VIRTUAL MAHASISWA UNESA PENGGUNA BLACKBERRY MESSENGGER (BBM). Paradigma, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16754
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 23