MENGGUGAH KESADARAN SISWA UNTUK BERSEKOLAH DI SMK (STUDI KASUS DI SMK DARUL MA’WA PLUMPANG –TUBAN)

  • IKA NURLAILIYA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi yayasan dalam menggugah kesadaran masyarakat untuk bersekolah di SMK Darul Ma’wa Kec.Plumpang Kab.Tuban dan Bagaimana kesadaran masyarakat untuk bersekolah di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Subyek dari penelitian ini adalah siswa dan guru. Pemilihan subyek dalam penelitian ini menggunakan snowball dan Purposive. Pendekatan fenomenologi yang di gunakan adalah dari Alfred Schutz teknik observasi yang digunakan adalah participant observation. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa masyarakat yang dimaksud masih tergolong kedalam masyarakat yang memiliki kesadaran magis bahwa masyarakat masih mempercayai bahwa tokoh agama atau seorang pemimpin yang mempunyai kharisma tersendiri. Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam menggugah kesadaran siswa untuk bersekolah di sekolah menengah kejuruan adalah melalui sejumlah promosi diantaranya: penyebaran brosur, sosialisasi keunggulan SMK pada saat acara kelulusan siswa. Siswa merasa tergugah kesadarannya untuk bersekolah di sekolah menengah kejuruan karena terpengaruh dengan sejumlah media promosi yang ditawarkan, karena para siswa memiliki orientasi untuk masadepannya dan juga karena inisiatifnya sendiri.

Kata Kunci : kesadaran masyarakat, bersekolah, SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

Published
2013-02-01
How to Cite
NURLAILIYA, I. (2013). MENGGUGAH KESADARAN SISWA UNTUK BERSEKOLAH DI SMK (STUDI KASUS DI SMK DARUL MA’WA PLUMPANG –TUBAN). Paradigma, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/1697
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 60