REPRODUKSI KELAS PADA PILIHAN SEKOLAH SD DAN MI DI DESA MEDALEM KECAMATAN MODO KABUPATEN LAMONGAN

  • PUTRI AYU KEMBANGSARI PITALOKA DG

Abstract

Abstrak

Penelitian ini melihat Reproduksi Kelas pada orang tua siswa yang ada menyekolahkan anaknya di Desa Medalem Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan. Tujuannya adalah untuk mendeskripskan reproduksi kelas yang dilakukan oleh orang tua murid dalam memilih sekolah untuk anaknya. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan reproduksi kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan banyak sekali bentuk reproduksi kelas yang dilakukan orang tua secara sadar maupun tidak dalam  menentukan pilihan sekolah bagi anaknya. Orang tua yang ada di SDN Medalem menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut karena alasan murahnya biaya, pengalaman pribadi keluarga, serta letak sekolah yang berdekatan dengan wilayah basis NU. Hal ini dikarenakan memang orang tua siswa yang ada di SDN Medalem rata-rata memiliki basis organisasi agama NU. Para orang tua siswa yang ada di MI Medalem menyekolahkan anaknya di MI Medalem didasarkan atas pengalaman pribadi keluarga sebelumnya yang sudah pernah menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Alasan lain adalah karena anaknya ingin dibekali dengan ilmu agama sejak kecil bukan hanya ilmu pendidikan formal. Indikator ekonomi tidak menjadi masalah karena status sosial ekonomi mereka yang mampu. Pertimbangan terakhir adalah sekolah MI Medalem memiliki basis organisasi agama Muhammadiyah.

Kata kunci: Reproduksi Kelas, Sekolah, Orang tua.

Abstract

This study looks at Class Reproduction in parents of existing students send their children in Medalem Village District Modo Lamongan District. The aim is to describe class reproduction done by parents in choosing a school for their children. Descriptive qualitative research method with class reproduction approach. Data collection was done by observation technique and interview technique. The results show that there are many forms of class reproduction that parents do consciously or unconsciously in determining school choice for their children. The parents at SDN Medalem send their children to the school for reasons of low cost, personal family experience, and the location of schools adjacent to the NU base area. This is because the parents of students in the Primary School Medalem have a base of NU religious organizations. The parents of the students at MI Medalem send their children to MI Medalem based on the personal experience of previous families who have already sent their children to school. Another reason is because his son wanted to be equipped with the science of religion since childhood is not only the science of formal education. Economic indicators do not matter because of their socioeconomic status. The last consideration is MI Medalem school has a Muhammadiyah religious organization base.

Keywords: Reproduction Class, School, Parent.

Published
2017-07-21
How to Cite
AYU KEMBANGSARI PITALOKA DG, P. (2017). REPRODUKSI KELAS PADA PILIHAN SEKOLAH SD DAN MI DI DESA MEDALEM KECAMATAN MODO KABUPATEN LAMONGAN. Paradigma, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/20532
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 40