PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 PACIRAN (ANALISIS PRAKTIK SOSIAL PIERRE BOURDIEU)

  • PANDU WRIEDHA RIA YOSHIKA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik sosial guru dalam penerapan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif, perspektif Pierre Bourdieu tentang praktik sosial yang didalamnya terdapat Habitus, Modal, Ranah dan Praktik yang memunculkan adanya dominasi peran guru dalam penerapan kurikulum 2013. Teknik pengambilan data dengan cara observasi, wawancara (indept interview), dan dokumentasi berupa foto dan dokumen sekolah. Teknik analisis data model analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdapat tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, bahwa guru junior mempunyai habitus dan modal yang baik. Kurikulum 2013 memberikan peluang lebih bagi guru junior untuk lebih mendominasi perannya dalam ranah sekolah. Guru junior lebih dipercaya untuk menjadi bagian dari struktur organisasi sekolah, dikarenakan memiliki kualitas diri yang baik dan lebih tanggap akan informasi terbaru dibandingkan dengan guru senior. Guru junior yang sudah mempunyai posisi tinggi akan berusaha untuk mempertahankan posisi tersebut, sedangkan guru senior yang sudah mempunyai posisi pun beberapa ingin mempertahankan posisi tersebut, namun kebanyakan memilih untuk mengalah dan bergantian dengan guru junior untuk memajukan sekolah. 

Kata Kunci: Dominasi Peran, Kurikulum 2013 dan Praktik Sosial.

Abstract

This research aims to understand the social practices of teachers in the implementation of curriculum 2013 using the qualitative method, descriptive type of research, and Pierre Bourdieu’s perspective about social practices in which there are condition, stock, domain, and practice that brings the teachers’ domination at the implementation of curriculum 2013. The data retrieval technique were using observation, interview (indept interview), and documentation of photos and school. Data analysis technique were analysis interactive Miles and Huberman model consist of three components such as data reduction, data presentation and testing conclusion. This study results show that junior teachers have good condition and stock. curriculum 2013 provides more opportunities for young teachers to more dominant at the domain of school. Junior teachers are more reliable to be part of the school organization, because of having better quality and more responsive for latest information than senior teachers. Junior teachers who already have a good position will attempt to keep it, meanwhile a few of senior teachers who already have kind of position attempt to keep it and give away or taking turns with the junior ones to to advance their school.

Keywords: Dominance Role, Curriculum 2013 and Social Practices.

Published
2017-07-21
How to Cite
WRIEDHA RIA YOSHIKA, P. (2017). PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 PACIRAN (ANALISIS PRAKTIK SOSIAL PIERRE BOURDIEU). Paradigma, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/20549
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 39