KONSTRUKSI REMAJA KATOLIK SUATU PAROKI DI SURABAYA TENTANG PERILAKU SEKS BEBAS

  • ANNA ELIDA PURBA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini membahas tetang fenomena yang terjadi di kalangan Remaja Katolik di salah satu paroki yang ada di Surabaya. Maraknya perilaku seks bebas dikalangan remaja saat ini tidak terkecuali bagi remaja yang tergolong aktif dalam kerohanian. Masalah ini menjadi keprihatinan masyarakat dan gereja terutama para orangtua. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan konstruksi sosial Peter L. Berger.  Subjek penelitian terdiri dari enam orang remaja paroki yang terdiri dari tiga laki-laki dan tiga perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi berupa filenote/catatan lapangan. Hasil wawancara kemudian dimuat dalam bentuk transkip dan dianalisis untuk menemukan makna terdalam hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa konstruksi perilaku seks bebas yang dimaknai oleh remaja Katolik Paroki adalah perilaku seks yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan tanpa adanya ikatan pernikahan, dan perilaku tersebut bukan saja karena didasari oleh cinta melainkan sebagai pelampiasan nafsu dan sebagai hiburan semata. Tindakan ini biasanya berlangsung setelah adanya rayuan-rayuan dan sanjungan diantara mereka, hingga semua bisa tercapai. Namun demikian, untuk membenarkan tindakan ini, pihak laki-laki seringkali menggunakan alasan bahwa tindakan tersebut merupakan bukti cinta diantara mereka yang harus diwujudkan.

Kata kunci: Remaja Katolik dan Perilaku seks bebas, dan moral Katolik

 

 

Abstract 

This research talk about the phenomenon happened in teenagers catholics in one parish in surabaya. The free sex with a teenager was no exception for teenagers who are active in a chaplaincy. The issue has become concern society and churches especially parents. The methodology executed is qualitative the methodology the social construction peter l .Berger. The subject of study consisting of six teenagers appeared parish consisting of three laki-laki and three females. Data collection method done with interview, observation, and documentation of filenote / field notes. Interviews and loaded in the form of transkip and analyzed to discover the meaning of the results.The result of this study concluded that construction sexual behavior free seen by teenager catholic parish is sexual behavior that is carried by men and women without any the boundaries of a marriage, and these behaviors are not only because based on by love but as go appetites and as an amusement alone .The act of this usually held after the rayuan-rayuan and flattery of them, after all can be achieved. However, to justify the act of this, the men often using reason that such action is proof of love of them was meant to be summons.

              Keywords: Catholic Youth, Free Sex Behavior, and Catholic morals

Published
2017-07-27
How to Cite
ELIDA PURBA, A. (2017). KONSTRUKSI REMAJA KATOLIK SUATU PAROKI DI SURABAYA TENTANG PERILAKU SEKS BEBAS. Paradigma, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/20892
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 157