HEGEMONI SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT JOMBANG SEBAGAI CAMBRIDGE INTERNATIONAL SCHOOL (CIS) ID 113

  • ANITA MAULIDIYAH

Abstract

Abstrak

Dunia pendidikan telah berubah mengikuti perkembangan zaman, sistem baru mulai di adopsi untuk membuat suatu lembaga pendidikan terutama sekolah menjadi lebih berkualitas. Salah satunya adalah penerapan kurikulum Cambridge dan penyelenggaraan tes sertifikasi Cambridge di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang. Kemudian berkembang menjadi label Cambridge International School (CIS) ID 113 yang mempunyai kewenangan sebagai penyelenggara sekaligus pelaksana tes sertifikasi Cambridge oleh Pihak Cambridge International Examination (CIE). Banyak sekolah setingkat SMP-SMA yang bergabung tes sertifikasi Cambridge. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dominasi dari teori Hegemoni, pihak yang mendominasi dalam hal ini adalah SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang melalui TIM Cambridge International School (CIS) ID 113. Penelitian ini menggunakan teori Hegemoni Antonio Gramscie. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan dianalisis dengan perspektif teoritik Hegemoni Antonio Gramscie. Subyek penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive yaitu Kepala Bidang Dikmen Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Kepala Sekolah, Humas, Waka Kurikulum dan TIM Cambridge International School (CIS) SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang. Pengambilan data di lapangan dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa  teori hegemoni SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang dengan melalui TIM Cambridge International School (CIS) jika dianalisis dengan teori Hegemoni Antonio Gramscie terbagi menjadi 2 tahapan yaitu Dominasi dan kemudian Direction (upaya dominasi). Dari kedua tahapan tersebut kemudian mengarah pada Intelektual, intelektual terbagi 2 yaitu organic dan mekanik.

Kata Kunci: Cambridge, Dominasi, Sekolah

 

Abstract

The word of education has changed has changed with the times, the new system began to be adapted to make an educational institution especialy school become more qualified, in global competition. More educational institution such as schools are applying international curriculum one of which is the application of the Cambridge curriculum and the implementation of the Cambridge in SMA Darul ulum 2 Unggulan BPPT Jombang. Then development become Cambridge International School (CIS) ID 113 have authority as the organizer as well as executor of Cambridge certification exam by Cambridge International Examination (CIE). Many School at level Junior Hight School- Senior Hight School to join Cambridge certification test. This study aims to determine the dominant efforts of Hegemoni theory, the dominant side in this case is SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang through TIM Cambridge International School (CIS) ID 113. This experiment uses the theory of Hegemoni Antonio Gramscie. The experiment uses descriptive method and anilize with perspective theory Hegemony Antonio Gramscie. Subject this experiment has choosed use purposive tehcnik had of the field of the duty of the population of Jombang, Headmaster, Humas, Waka Kurikulum and Team Cambridge International School (CIS) Senior Hight School SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang. Collection document in the field is done by interview, observation, and documentation. The results of this study indicate that the hegemonic theory of SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang with TIM Cambridge International School (CIS) if analyzed with Antonio Gramscie Hegemony theory is divided into 2 stages of Domination and then Direction. From these two stages then leads to Intellectual, intellectual divided 2 that is organic and mechanic.

Keyword  : Cambridge, Domination, School 

Published
2017-08-10
How to Cite
MAULIDIYAH, A. (2017). HEGEMONI SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT JOMBANG SEBAGAI CAMBRIDGE INTERNATIONAL SCHOOL (CIS) ID 113. Paradigma, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/21295
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 76