KERJA PARUH WAKTU MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA (Studi fenomenologi pada pengemudi ojek online OMAHKU “ojek mahasiswa Ketintang UNESA”)

  • BAYU AGUNG SETIAWAN
  • MARTINUS LEGOWO

Abstract

Kerja paruh waktu merupakan sebuah jenis pekerjaan yang banyak dilakukan oleh mahasiswa, tidak terkecuali mahasiswa yang berasalkan dari golongan menengah keatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motif sebab (because motive) dan motif tujuan (in order to-motive) mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang bekerja paruh waktu menjadi pengemudi di grub ojek online OMAHKU (ojek mahasiswa ketintang unesa) dan berasalkan dari kalangan menengah keatas. Sifat penelitian ini adalah bersifat kualitatif, dengan mengunakan pendekatan Fenomenologi Alfred Schutz. Teori yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah mengunakan teori Fenomenologi dari Afred Schutz yang membahas tentang motif sebab (because motive) dan motif tujuan (in order to-motive). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa hal yang menjadi motif sebab dan motif tujuan mahasiswa yang berkerja paruh waktu menjadi pengemudi di grub ojek online OMAHKU, diantaranya yang menjadi motif sebab adalah kondisi objektif mahasiswa, tidak produktifnya waktu luang, daya tarik pekerjaan paruh waktu, daya tarik menjadi pengemudi ojek online, daya tarik ojek online OMAHKU, dukungan orang sekitar, dan yang menjadi motif tujuannya adalah pengembangan diri, produktif dibidang ekonomi.

Kata Kunci : Fenomena, Kerja Paruh Waktu, Mahasiswa

Published
2018-07-11
How to Cite
AGUNG SETIAWAN, B., & LEGOWO, M. (2018). KERJA PARUH WAKTU MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA (Studi fenomenologi pada pengemudi ojek online OMAHKU “ojek mahasiswa Ketintang UNESA”). Paradigma, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/24037
Abstract Views: 435
PDF Downloads: 1076