JARINGAN SOSIAL PENGUSAHA SEPATU KULIT HOME INDUSTRY ( Studi Di Kelurahan Miji- Kota Mojokerto)

  • FINA NAILUZ ZULFAH

Abstract

Jaringan sosial dalam dunia usaha terbentuk karena adanya rasa ingin tahu, memberi informasi, saling mengingatkan dan saling membantu antar anggota yang ada dalam jaringan tersebut. Seangkan industri rumahan (home industry) dimaknai sebagai tempat masyarakat untuk mengembangkan jati diri secara mandiri dalam pembangunan ekonomi di kelurahan Miji kota Mojokerto. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak jaringan sosial pengusaha home industry sepatu kulit di kelurahan Miji kota Mojokerto. Metode penelitian bersifat kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi dan obyek penelitian melibatkan beberapa pengusaha home industry sepatu kulit, penyedia bahan baku, penjual dan karyawan sepatu kulit di kelurahan Miji kota Mojokerto dengan informan sebanyak 11 (sebelas) orang yang memiliki latar sosial berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak yang timbul dari adanya jaringan sosial pengusaha home industry yaitu dengan banyaknya pengusaha yang saling berinteraksi lewat hubungan-hubungan tersebut dalam melakukan proses kegiatan produksi usaha yang dijalaninya.

Kata Kunci: Jaringan Sosial, Home Industry, Pengusaha





Published
2018-07-27
How to Cite
NAILUZ ZULFAH, F. (2018). JARINGAN SOSIAL PENGUSAHA SEPATU KULIT HOME INDUSTRY ( Studi Di Kelurahan Miji- Kota Mojokerto). Paradigma, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/24870
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 64