PERAN AKTOR DALAM PENINGKATAN BUDAYA MEMBACA di MALL Studi Kasus Taman Bacaan City of Tomorrow

  • HARDHINI PERMATASARI

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran aktor taman bacaan dan motivasi yang ditumbuhkan oleh aktor. Teori yang digunakan adalah teori tindakan dari Max Weber  (dan teori motivasi Mc Clelland. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi Alfred Schultz. Informan dalam penelitian ini adalah aktor taman bacaan dan pengunjung taman bacaan di Mall.  Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan field note. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran serta aktor taman bacaan dilakukan dengan cara promosi. Promosi yang dilakukan oleh aktor taman bacaan berupa menjemput bola, melalui media massa, promosi dari mulut ke mulut (tutur kawulo), dan kegiatan kreatif edukatif.

Kata Kunci:  peran aktor, motivasi, budaya membaca, mall

 

Abstract

   The purpose of this study was to determine the role of actor and motivational reading garden grown by an actor. The theory used is Max Weber's theory of action and theories of motivation McClelland. This study used a qualitative approach to phenomenological research method’s Alfred Schultz. Informant in this study were actors reading garden and a reading garden at the mall visitors. Data collection technique using observation, interviews, and field notes. The results showed that the role of the actor reading garden is done by way of promotion. Promotions are done by actors reading a fetch ball park, through the mass media, word of mouth promotion (tutur kawulo), and creative educational activities. 

Key Words: actor roles, motivation, reading culture, mall

Published
2013-08-02
How to Cite
PERMATASARI, H. (2013). PERAN AKTOR DALAM PENINGKATAN BUDAYA MEMBACA di MALL Studi Kasus Taman Bacaan City of Tomorrow. Paradigma, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/3507
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 19