ANALISIS WACANA KRITIS IDEOLOGI PATRIAKI IKLAN KECAP ABC

  • Dewi Fadlilatul Lailiyah Program Studi Sosiologi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Iklan merupakan tontonan yang tanpa sengaja diulang-ulang untuk mempengaruhi khalayak
melalui media televisi, agar tertarik dengan produk yang ditawarkan namun, iklan juga syarat
akan muatan ideologis. Tanpa terkecuali dalam iklan kecap ABC, muncul resitensi dari budaya
patriarki dari percakapan antar tokoh yang diperankan. Dalam kehidupan,, kita dihadapkan pada
masyarakat yang mendasarkan diri pada budaya patrarkis. Patriarki merupakan manivestasi dari
segala bentuk eksploitasi. Tidak hanya eksploitasi kelas, namun pula eskploitasi hampir separuh
umat manusia. Patriarki sendiri tidak mungkin terhapuskan selama manusia berusaha untuk
memanfaatkan orang lain demi kepentingannya sendiri. Kaum perempuan dianggap tidak lebih
berdaya dibandingkan lelaki,mengingat fakta mereka harus melahirkan dan merawat anak,
terbatas mengungkapkan pendapatnya, rentan pelecehan. Tentunya, banyak kaum lelaki
memanfaatkan kesempatan ini untuk memperbudak perempuan demi keuntungan dirinya sendiri.
Dari iklan kecap ABC kita akan mengetahui bentuk sindiran pedas, atau tepatnya sebuah
resistensi terhadap sakleknya budaya patriarki dalam sistem masyarakat. Iklan yang menawarkan
spirit feminisme sesuai kebutuhan di era kontemporer.
Kata Kunci : Iklan; Ideologi patriarki; spirit feminisme.

Published
2019-10-29
How to Cite
Lailiyah, D. (2019). ANALISIS WACANA KRITIS IDEOLOGI PATRIAKI IKLAN KECAP ABC. Paradigma, 9(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/37252
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 335