REPRESENTASI IDEOLOGI PENDIDIKAN ALTERNATIF DALAM FILM SOKOLA RIMBA
Abstract
Film Sokola Rimba adalah film yang diangkat dari kisah nyata tentang perjuangan Butet Manurung
dalam memberikan pendidikan bagi Suku Anak Dalam. Pendidikan dasar yang tidak menjauhkan
Suku Anak Dalam dengan adatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
ideologi pendidikan alternatif pada film Sokola Rimba. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode semiotika Charles S. Pearce. Analisis penelitian menggunakan segitiga
semiotika Pierce Respresentasi, Objek, dan Interpretan. Hasil dari penelitian ini adalah Film Sokola
Rimba menghadirkan tanda-tanda yang merepresentasikan ideologi pendidikan alternatif.
Pendidikan alternatif yang dimaksud-kan adalah pendidikan yang paling dibutuhkan oleh yang
terdidik. Pendidik dalam hal ini Butet Manurung memberikan materi pelajaran yang sangat
dibutuhkan dan tidak jauh dari realitas Suku Anak Dalam. Pihak yang terdidik dalam film ini adalah
anak-anak rimba. Bentuk sekolah yang ditunjukkan adalah yang tidak melawan adat dan kekuasaan.
Melalui pendekatan yang tidak membuat anak-anak rimba ingin pergi keluar dari sukunya dengan
menggunkan pendekatan yang humanis.
Kata Kunci: Sokola Rimba; Semiotik; Pendidikan Alternatif
PDF Downloads: 410