Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan BPJS Kesehatan di Faskes Dasar Trowulan Mojokerto

  • Aditya Gakoi Gakoi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelayanan BPJS Kesehatan di tingkat fasilitas kesehatan dasar.Pemilihan fasilitas kesehatan dasar seperti puskesmas merupakan indikator penting dari pengimplementasian BPJS yang lebih memfokuskan pada layanan kesehatan dasar.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksploratif dengan memanfaat uji chi square. Penelitian eksploratif akan berfungsi untuk melihat keterpengaruhan antara satu item dengan item lainnya yang saling berhubungan. Penelitian akan melibatkan responden dari masyarakat yang perneh menggunakan fasilitas BPJS di salah satu faskes dasar di Trowulan Mojokerto. Pada temuan hasil uji Servqual gap didapatkan tingkat kepuasan responden mencapai 51% puas dan 49% menjawab sangat puas. Pada hasil uji chi square Bivariat ditemukan bahwa faktor karakteristik responden (pendidikan, tingkat pendapatan, tingkat kelas kepesertaan BPJS Kesehatan) memiliki pengaruh kuat terhadap penilaian kepuasan responden. Pada penilaian pelayanan administrasi dan pelayanan medis pada puskesmas juga menjadi faktor yang menjadi pengaruh kepuasan responden. Hasil Bivariat lain ditemukan identitas responden (agama, status kepesertaan, lama kepesertaan) tidak memiliki pengaruh kuat terhadap kepuasan responden. Pada sisi penilaian pelayanan kesehatan, ditemukan pelayanan penunjang medis tidak memiliki pengaruh yang kuat terhadap kepuasan responden.

Kata Kunci :  BPJS Kesehatan, faktor kepuasan pelayanan, kepuasan pelayanan

Published
2021-01-02
How to Cite
Gakoi, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan BPJS Kesehatan di Faskes Dasar Trowulan Mojokerto. Paradigma, 9(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/37369
Section
Articles
Abstract Views: 580
PDF Downloads: 383