Makna Penggunaan Cadar Mahasiswi Institut Keislaman Abdullah Faqih

  • KHAMDAN QOLBI

Abstract

ABSTRAK

Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) adalah salah satu perguruan tinggi Islam yang ada di Kabupaten Gresik Jawa Timur, yang hampir seluruh mahasiswinya menggunakan cadar dikampus. Penelitian ini membahas tentang pemaknaan penggunaan cadar oleh mahasiswi di lingkungan kampus dan latar belakang mahasiswi melepas cadar saat berada di luar kampus. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alferd Schutz. Lokasi penelitian dilakukan di kampus INKAFA yang beralamatkan di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Subjek penelitian adalah mahasiswi yang mengenakan cadar dalam kegiatan akademiknya. Penentuan subjek dalam penelitian ini dilakukan secara  snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu primer dan sekunder. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan cadar yang dilakukan oleh mahasiswi tidak ada hubungan dan kaitannya dengan  cadar dalam islam yaitu sebagai penutup aurat akan tetapi mereka memahami cadar sebagai sebuah aturan dan perintah kyai yang mereka gunakan saat mengikuti kegiatan akademik.

Kata kunci : Makna, Motif, Cadar

ABSTRACT


INKAFA is one of the Islamic universities in Gresik in East Java, which is almost all female students using veil. This study discusses the meaning of the use of the veil by a student on campus and student background remove veil when outside the campus. The method used is a qualitative method Alferd Schutz phenomenological approach. Location of the research conducted on campus INKAFA are addressed in Suci Village, District Manyar, Gresik. Subjects were female students wearing the face veil in their academic activities. Determination of the subjects in this study performed snowball sampling. Data was collected in two ways: primary and secondary. Techniques of data analysis done interactively. The results in this study indicate that the use of veils by female students no association and relation with the Islamic veil is a cover nakedness but they understand the veil as a rule and command clerics that they use while following academic activities.

Keywords: Meanings, Motives, Veils

Published
2013-08-15
How to Cite
QOLBI, K. (2013). Makna Penggunaan Cadar Mahasiswi Institut Keislaman Abdullah Faqih. Paradigma, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/3804
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 159