MAKNA MENJADI SUPORTER PEREMPUAN PERSIBO BOJONEGORO

  • DEFTIAR ZAENUDDIN

Abstract

Abstrak
Partisipasi perempuan dalam sepakbola masih menuai kontroversi dengan adanya sejumlah pengalaman buruk yang dialami oleh sejumlah suporter perempuan melalui berbagai bentuk diskriminasi dan pandangan negatif dari masyarakat. Tujuan penelitian ini yakni, untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana makna menjadi suporter perempuan Persibo Bojonegoro. Teori yang digunakan adalah Teori Fenomenologi Alferd Sehutz dan Teori Feminisme Liberal. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian diambil dengan menggunakan teknik snowbal. Lokasi penelitian di lakukan di Kabupaten Bojonegoro. Subjek penelitian adalah suporter perempuan yang mengetahui dan keadaan yang terjadi di dalam suporter perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam menjadi suporter perempuan Persibo Bojonegoro menunjukkan bahwa, para pelaku mempunyai motif tujuan dan motif sebab. Dari data lapangan di temukan makna yang diberikan oleh suporter perempuan Persibo Bojonegoro adalah makna edjective yaitu makna yang sesuai dengan terminologi suporter perempuan Persibo Bojonegoro yang merupakan simbol bangga akan kedaerah, simbol resistensi terhadap budaya partiarki dan simbol membanggun citra postif suporter Persibo Bojonegoro.
Kata Kunci: Suporter Perempuan, Pengalaman, Solidaritas.

Abstract
Women's participation in football is still controversy in the presence of a number of bad experiences suffered by a number of supporters of women through various forms of discrimination and negative views of society. The purpose of this study is, to identify and explain how the meaning of being a supporter of women Persibo Bojonegoro. The theory used is Alferd Sehutz Theory Phenomenology and Theory of Liberal Feminism. This study uses a phenomenological approach. Research subjects taken by using snowbal. Locations in doing research in Bojonegoro. Subjects were supporters of women who know and circumstances that occur in the female fans. Data was collected through observation and interviews. In the present study shows that in a female supporter Persibo Bojonegoro shows that, the actors have goals and motives because motives. Of the data in the field find the meaning given by female fans Persibo edjective Bojonegoro against the true meaning of meaning in accordance with the terminology of female fans Persibo Bojonegoro that is a true symbol of pride to the stricken area, a symbol of resistance to the culture and symbols membanggun partiarki positive image Persibo Bojonegoro supporters.
Keywords: Supporters of Women, Experience, Solidarity.

Published
2013-08-28
How to Cite
ZAENUDDIN, D. (2013). MAKNA MENJADI SUPORTER PEREMPUAN PERSIBO BOJONEGORO. Paradigma, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/4112
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 56