HEGEMONI BLACKBERRY MAHASISWA UNESA

  • SULISTYO WATI

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses hegemoni para mahasiswa pengguna BlackBerry kepada mahasiswa lainnya. Teori yang digunakan adalah teori Hegemoni dari Antonio Gramsci, dan teori Alienasi oleh Karl Marx. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi oleh Alferd Schult . Subyek penelitian ini di kalangan Mahasiswa Sosiologi UNESA angkatan 2008. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa lebih memilih menggunakan alat komunikasi yang bersifat smartphone. Karena smartphone memberikan segala kepuasan tentang berkomunikasi sesuai dengan perkembangan teknologi. Selain itu, pengguna smartphone juga dapat mengeksplore dirinya di media sosial. Dalam penelitian ini hal yang terwujud ketika proses hegemoni yang terjadi melalui berbagai cara antara lain melalui lingkungan, pengetahuan dan juga ingin mempertahankan status sosial seseorang.
Kata Kunci : Hegemoni, Alienasi, BlackBerry dan Mahasiswa Sosiologi.

Abstract
This study to determine the hegemony of the students BlackBerry users to other students. The theory used is Antonio Gramsci's theory of hegemony and alienation theory by Karl Marx. This study uses a phenomenological by Alferd Schult. The study subjects is Students of Sociology UNESA class of 2008. Data collection techniques used is observation and interview. Results of this study indicate that students prefer to use the communication tools that are smartphones. Because the smartphone provides all the satisfaction of communicating in accordance with technological developments. In addition, smartphone users can also explore themselves in social media. In this study it is realized when the hegemony process that occurs through a variety of ways such as through environmental, knowledge and also want to maintain one's social status.
Keyword : Hegemony, Alienasi, BlackBerry and University Student of Sociology .

Published
2013-08-28
How to Cite
WATI, S. (2013). HEGEMONI BLACKBERRY MAHASISWA UNESA. Paradigma, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/4142
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 14