MOTIF OTAKU NGE-COSPLAY PADA KOMUNITAS COSURA SURABAYA

  • Widya Ayunita Sari Program Studi Sosiologi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Otaku merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan seseorang yang
terobsesi dengan sub kultur Jepang yang menjadikannya sebagai hobi. Dalam artian
hobi yang sangat digemari atau terobsesi dengan budaya populer Jepang seperti anime,
manga, games. Robot, action figure, cosplay dan lain sebagainya. Tentunya banyak motif
yang mempengaruhi otaku melakukan tindakan tersebut. Motif merupakan sebuah
dorongan yang berada didalam diri manusia ketika untuk berbuat sesuatu. Dimana
setiap tindakan yang dilakukan oleh seseorang pasti memiliki motif yang berbeda-beda,
tidak semua orang memiliki motif yang sama. Kegiatan cosplay ini merupakan kegiatan
yang sangat digermari oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak sampai dengan
orang dewasa. Semakin maraknya kegiatan cosplay ini semakin banyak pula komunitas
yang bermunculan diberbagai kota Besar, diantaranya di daerah Surabaya pada
Komunitas Cosura Surabaya. Banyak hal yang mempengaruhi mengapa mereka
melakukan tindakan tersebut, dan tentunya peneliti ingin mengetahui motif apa yang
mebuat otaku ngecosplay yang terjadi pada Komunitas Cosura Surabaya. Metode yang
digunakan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan
fenomenologi Alfred Schutz. Fenomenologi Alfred Shutz digunakan untuk mengkaji
suatu fenomena yang didasari oleh motif tindakan yang dilakukan oleh anggota
Komunitas Cosura Surabaya ketika nge-cosplay. Motif menurut Alfred Schutz dibagi
menjadi dua yaitu because of motive (motif sebab/penyebab) dan in order to motive
(motif tujuan). Hasil dalam penelitian ini motif otaku ngecosplay adalah karena didasari
oleh pengalaman-pengalaman pernah dialaminya because of motive 1. Hobi, dimana
cosplay merupakan kegiatan yang digemarinya 2. Mengikuti event, karena mengikuti
event juga terdapat nilai dan harapan yang ingin dicapai dimasa yang akan datang.
Sedangkan in order to motive yaitu 1. Ingin menyalurkan kreatifitas 2. Sebagai bentuk
prestasi 3. Menjalin silahturahmi.
Kata kunci : motif, otaku, cosplay

Published
2021-01-15
How to Cite
Sari, W. (2021). MOTIF OTAKU NGE-COSPLAY PADA KOMUNITAS COSURA SURABAYA. Paradigma, 10(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/44056
Section
Articles
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 484