Strategi Bertahan Hidup Rumah Tangga Miskin Pendatang Di Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian Di Kelurahan Warugunung Kecamatan Karangpilang Kota Surabaya)

  • Zakiyyatul Fakhiroh Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitia ini mengenai strategi bertahan hidup rumah tangga miskin pendatang di masa pandemi covid-19di Kelurahan WarugunungKecamatan Karangpilang Kota Surabaya. Mendapat julukan sebagai kota besar, Surabaya jadikan oleh warga urban sebagai tempat mengadu nasib. Para pendatang memiliki latar belakang pendidikan SMP dan SMA. Para rumah tangga miskin pendatang yang memutuskan untuk tinggal dan bertahan Warugunung untuk merubah nasib dengan jalan mencari pekerjaan atau berdagang. Kemiskinan yang mereka alami membawa mereka untuk tinggal di tempat sewa kos-kosan atau di kontrakan kecil yang padat penduduk. Tujuan pada penelitian ini adalah menganalisis kondisi objektif kehidupan sosial dan ekonomi, emotion focused coping serta problem focused coping pada rumah tangga miskin pendatang di Kelurahan Warugunung Kecamatan Karangpilang Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitif, dengan perspektif teori coping strategi Lazarus & Folkman. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, (1) Para rumah tangga miskin pendatang mengalami kondisi sosial dan ekonomi yang dapat diidentifikasi melalui aspek ekonomi dengan pekerjaan sebagai buruh pabrik, pegawai sablon, dan pedangang, pendapatan yang rendah diangka 2 juta, minim aset kepemilikan/ kekayaan dan konsumsi atau pengeluran yang banyak dengan pendapatan yang rendah, Kondisi pendapatan yang rendah mempengaruhi kejahateraan dan kemakmuran rumah tangga dalam aspek kehidupannya. (2) cara mengurangi kebutuhan sehari-hari dengan menekan jumlah pengeluaran (berhemat) atau menambah jumlah jam kerja. Kedua yaitu menambah penghasilan sehari-hari dengan melalui berbagai cara, menjauhkan diri dari kegiatan kontra produktif. Ketiga, jika masih kekurangan adalah dengan cara menggerakkan seluruh anggota keluarga untuk ikut bekerja. Mulai dari istri hingga anak mereka. (3) Penyelesaian pada problem focused copingselalu bertahan berpikir positif dan tidak terlalu terbawa emosi setiap ada masalah. Dapat mengontrol diri dan berkonsentrasi dalam menghadapi ujian hidup serta mendekatkan diri pada Tuhan.
Kata Kunci: Rumah Tangga Miskin Pendatang, Strategi Bertahan Hidup, Coping Strategi

Published
2023-06-09
How to Cite
Fakhiroh, Z. (2023). Strategi Bertahan Hidup Rumah Tangga Miskin Pendatang Di Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian Di Kelurahan Warugunung Kecamatan Karangpilang Kota Surabaya). Paradigma, 12(2), 71-80. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/53210
Abstract Views: 73