KOMERSIALISASI SEKS SIMBOLIK

  • MASTAUFAN KAMAL H.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di daerah Wonokromo Surabaya dengan tujuan untuk mengetahui bentuk komersialisasi pelaku prostitusi remaja di stasiun Wonokromo. Fokus penelitian ini adalah pada praktik prostitusi oleh remaja. Dikarenakan maraknya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh generasi muda.Penelitian ini menggunakan proposisi teoritik mengenai interaksi simbolik dari sudut pandang Herbert Mead, sebagai landasan untuk menganalisis simbol-simbol yang ada pada pekerja seks komersial. Metode yang digunakan adalah penelitian model kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi dalam penggalian data di lapangan. Dari hasil wawancara dapat digambarkan bahwasanya bentuk komersialisasi pelaku prostitusi remaja di stasiun Wonokromo Kota Surabaya sebuah fenomena yang berbeda. Hal tersebut bisa terlihat dari strategi pemasaran para pelaku prostitusi tersebut. Walaupun bisa dikatakan masih tertinggal dengan tempat prostitusi lain, yakni dolly sebagai tempat prostitusi terbesar di Asia Tenggara yang berada di kota Surabaya, akan tetapi hal ini pantas diberikan perhatian khusus.  

Kata kunci: Simbol, Komersial, Seks 

Abstract

This research was conducted in Surabaya Wonokromo area in order to determine the practice of juvenile prostitutes commercialization Wonokromo station. The focus of this research is the practice of prostitution by juveniles. Due to the rise of deviant behavior committed by this muda.Penelitian generation using theoretical propositions regarding the symbolic interactionist perspective Herbert Mead, as a basis for analyzing the symbols that exist in the commercial sex workers. The method used was a qualitative research models with a case study approach. This study used interviews and observation techniques in penggalia data in the field. From the results can be described behold the form of commercialization of teenage prostitutes in Surabaya Wonokromo station a different phenomenon. It can be seen from the marketing strategy of the prostitutes. Although it can be said to be still left with another prostitution, namely Dolly as the largest prostitution in Southeast Asia in the city of Surabaya, but it is worth special attention.

Keywords: Symbol, commercial, sex

 

*) Terima kasih  kepada Ardhie Raditya selaku mitra bestari yang telah mereview dan memberi masukan berharga terhadap naskah ini.

Published
2014-08-20
How to Cite
KAMAL H., M. (2014). KOMERSIALISASI SEKS SIMBOLIK. Paradigma, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9079
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 26