PERMAINAN TRADISIONAL DALAM BUDAYA DAN PERKEMBANGAN ANAK

  • HIKMAH PRISIA YUDIWINATA

Abstract

Abstrak

Berkembangnya jaman yang semakin cepat dan bersifat revolusioner banyak mengubah hal-hal yang sudah seharusnya dilestarikan menjadi diabaikan. Permainan tradisional yang sarat akan budaya, nilai-nilai kebangsaan, bahkan unsur – unsur yang berguna bagi perkembangan anak menjadi terbaikan. Permainan modern yang dianggap lebih praktis bahkan individualistik lebih dipilih pada masa kini oleh anak-anak yang seharusnya mengenal permainan motorik dan kognitif yang lebih baik. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori kebudayaan dari Herbert Spencer  yang melihat bahwa Manusia dan kebudayaan mengalami perubahan sesuai dengan tahapan-tahapan tertentu dari bentuk yang sederhana ke bentuk yang kompleks. Serta konsep perkembangan motorik anak menurut John Piaget yang melihat bahwa permainan akan membentuk kognitif anak dengan lebih baik.Tujuan dari penelitian ini untuk melihat eksistensi permainan tradisional yang berdampak pada perkembangan anak-anak pada masa kini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk melihat bagaimana anak-anak yang melakukan permainan tradisional dengan yang melakukan permainan modern dan efek terhadap perkembangan anak baik  motorik dan kognitifnya. Hasilnya anak-anak yang melakukan permainan tradisional jauh lebih berkembang  kemampuan dan karakternya. Peran orang tua dan guru juga sangat penting untuk melestarikan permainan tradisonal ini yang mengandung makna dan tradisi.

Kata kunci : permainan tradisional, tradisi, perkembangan anak.

 

Abstract

Times are getting faster and much revolutionary change things that have been preserved should be ignored.The game is full of traditional culture, national values, even the elements that are useful for children's develop be ignored. Modern games are considered more practical even more individualistic chosen in the present by children who should know the motor and cognitive game better. In this research the theory used is the cultural theory of Herbert Spencer which saw that the man and the culture has changed with certain stages of simple shapes into complex shapes. And the concept of children's motor development according to Piaget John which saw that game will form a better child cognitive.The purpose of this research to look at the existence of traditional games that have an impact on children's development in the present.This study used qualitative methods to see how the kids were doing the traditional game with the conduct of modern games and effects on child development of both motor and cognitive. The result is children who did traditional game is much more developed ability and character.The role of parents and teachers is also very important to preserve this traditional game that has meaning and tradition.

Keywords: traditional games, traditions, child development

Published
2014-08-20
How to Cite
PRISIA YUDIWINATA, H. (2014). PERMAINAN TRADISIONAL DALAM BUDAYA DAN PERKEMBANGAN ANAK. Paradigma, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9088
Abstract Views: 1452
PDF Downloads: 2132