CITRA ABURIZAL BAKRIE DALAM IKLAN POLITIK

  • MARTINHO PRIMAPUTRA DALTYAS

Abstract

Abstrak

Iklan menawarkan sebuah citra (image) yang dalam konteks bahasa iklan dapat dijelaskan sebagai gambaran mental dari sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Permainan bahasa, simbol, serta citra yang dimunculkan dalam iklan merupakan poroduk yang disuguhkan kepada khalayak dengan tujuan untuk membentuk logika politik baru atas citra yang ditampilkan. Aburizal Bakrie (ARB) adalah salah satu tokoh politik yang memanfaatkan media iklan sebagai alat untuk menjual citra yang ia miliki. Penelitan ini menggunakan analisis semiologi Roland Barthes yang digunakan untuk membongkar tingkat pemaknaan atas citra ARB yang ditampilkan pada tiap iklan pencitraan dirinya. Objek kajian dalam penelitian ini menggunakan iklan Aburizal Bakrie versi Karir dan Pengalaman. Dalam semiologi Roland Barthes, pemaknaan atas objek iklan politik yang dimunculkan ARB terdiri dari dua tingkatan makna atas citra yang ditampilkan (denotasi-konotasi) serta mitos yang dimunculkan. Iklan Karir dan Pengalaman milik ARB memunculkan citra dirinya sebagai salah satu pengusaha sukses yang dimiliki Indonesia. Citra pengusaha sukses yang dimunculkan dalam iklan tersebut menempatkan Aburizal sebagai sosok calon pemimpin yang memiliki visi yang jelas. Dengan latar belakang dirinya sebagai seorang pengusaha sukses, tentunya ia mempunya gambaran yang jelas tentang bagaimana untuk mengatur sebuah kepemerintahan. 

Kata Kunci: citra, politik, iklan.

 

                                                                         Abstract                

The ad features an image in the context of advertising language can be described as a mental picture of something that actually does not exist. Game language, symbols, and images that appear in ads is poroduk which is presented to a wider audience with the aim to form a new political logic of the image being displayed. Aburizal Bakrie (ARB) is one of the political figures that utilize media advertising as a tool to sell the image he had. The study uses a Roland Barthes semiologi analysis used to disassemble the upper ARB image definition of levels that are displayed for each ad impression of him. The object of this study using ad Aburizal Bakrie version career and experience. Roland Barthes, semiologi in the definition of the object of political ads that appeared the ARBS consist of two levels of meaning of the displayed image (denotation-connotation) as well as the myth that is presented. Advertising career and Experience belonging to the ARB conjures up an image of himself as a successful businessman in Indonesia. The image of the successful entrepreneur is presented in these advertisements put Aburizal as a leader figure to have a clear vision. With his background as a successful entrepreneur, surely he has a clear picture of how to set up a nation.

Keywords: image, politics, advertising.

Published
2014-08-20
How to Cite
PRIMAPUTRA DALTYAS, M. (2014). CITRA ABURIZAL BAKRIE DALAM IKLAN POLITIK. Paradigma, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9092
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 40