MAKNA PRODUK DISTRIBUTION STORE (DISTRO) WOODLAND BAGI REMAJA DI SURABAYA

  • HARDANI SETIAWAN

Abstract

Abstrak

Pada masyarakat modern saat ini pakaian menjadi salah satu kebutuhan gaya hidup. Kebutuhan ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat khususnya pada remaja. Akan tetapi, semakin berkembangnya zaman pakaian cenderung menjadi fashion yang terus berkembang dan memiliki makna tersendiri bagi penggunanya.  Penelitian ini mengangkat suatu permasalahan yaitu tentang makna produk distributin store (distro) Woodland bagi remaja di kota Surabaya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui motif dibalik tindakan yang melatarbelakangi dan tujuan para remaja menggunakan produk-produk tersebut. Peneliti menggunakan teori Alferd Schutz mengenai fenomenologi dan teori Anthony Giddens mengenai gaya hidup. Sifat penelitian ini deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Untuk pemilihan informan peneliti memilih subjek dengan cara snowball. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi secara mendalam, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah makna dari penggunaan produk distro tersebut antara lain penggunaan bahan yang berkualitas, desain-desain yang selalu mengikuti trend, dan produk yang berquantity terbatas (limited edition). Sedangkan tujuan yang ingin di dapatkan adalah kenyaman setiap produknya ketika digunakan, supaya tidak ketinggalan jaman, dan produknya tidak pasaran.

Kata kunci: Remaja, Woodland, Produk Distro

 

  

 

Abstract

In today's modern society clothes become one of the necessities of life style. This need has become a primary need for people, especially in adolescents. However, the growing era of clothing tends to be a fashion that continues to evolve and has significance for its users. This study raised an issue that is of significance products distributin store (distro) Woodland for teenagers in the city of Surabaya, the intent and purpose of this research is to know about the motives behind the actions of the background and purpose of the teens using these products. Researchers using the phenomenological theory of Alfred Schutz and Anthony Giddens's theory regarding lifestyle. The nature of this descriptive qualitative study with a phenomenological approach. The research method used is qualitative. For the selection of informants researchers chose subjects by means of snowball. Data collection techniques with in-depth interviews and observation, whereas data analysis techniques using triangulation techniques. The result of this study is the significance of the use of the product distributions include the use of quality materials, designs always follow the trend, and products berquantity limited (limited edition). While the goal to get is comfort in every product when used, so that is not outdated, and its products are limited. 

Keywords: Teen, Woodland, Product Distro

Published
2014-08-25
How to Cite
SETIAWAN, H. (2014). MAKNA PRODUK DISTRIBUTION STORE (DISTRO) WOODLAND BAGI REMAJA DI SURABAYA. Paradigma, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9417
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 23