ANALISIS WACANA PERSELINGKUHAN DI KALANGAN SALESMAN FARMASI PT .SUN HODOS PHARMA SIDOARJO

  • SITI MAQFIROH

Abstract

Abstrak

Keharmonisan  adalah tujuan dari setiap pasangan dalam menjalin suatu hubungan dalam pernikahan. Banyak hal diupayakan agar kehidupan berumah tangga bisa tentram dan harmonis, akan tetapi tidak menutup kemungkinan terdapat permasalahan dan konflik. Antara lain pasangan yang terseret arus mobilitas pekerjaan yang tinggi dengan pembenaran aktualisasi diri atau masa depan keluarga, hinggap terjadi perselingkuhan. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif degan analisis wacana Brown dan Yule. Penelitian ini ingin mengetahui lebih jauh dari wacana yang terbentuk dari perselingkuhan yang terjadi di kalangan Salesman farmasi. Para pria pelaku selingkuh yang bekerja sebagai Salesman di PT. Sun Hodos Pharma Sidoarjo menafsirkannya berdasarkan pengalaman pribadi yang terjadi dalam kehidupan rumah tangganya masing-masing. Mereka memiliki wacana yang berbeda dalam setiap kasus yang dialami.. Mereka berselingkuh dengan alasan dan tujuan yang berbeda. Antara lain perselingkuhan karena kondisi rumah tangga yang tidak harmonis, kebutuhan seksual, kurangnya komunikasi, dan keinginan berpetualang.

Kata Kunci :  Analisis Wacana, Salesman, Perselingkuhan

Abstract 

Harmony a purpose of a complete in marriage. Some things are achieved for happiness and harmony., but did not rule there are problems and conflicts. Among  the other couples trail the high job mobility  or workalholic with the justification of self actualization or family future,resulting in affair. This research uses the qualitative method of discourse analysis Brown and Yule. This research investigates investigates the discourse that is formed from the affair that occurred among pharmaceutical salesman.The male actors who worked as a salesman in PT. Sun  Hodos Pharma Sidoarjo, interpreting affair based on personal experiences of each. They have a different discourse in any case experienced. They had an affair with different reasons and purposes. Among other things because the condition of family is not harmonious, sexual needs, lack of communication, and the desire adventure.

Keywords : Discourse Analysis, Salesman, Affair

Published
2014-08-26
How to Cite
MAQFIROH, S. (2014). ANALISIS WACANA PERSELINGKUHAN DI KALANGAN SALESMAN FARMASI PT .SUN HODOS PHARMA SIDOARJO. Paradigma, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9477
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 179