KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA SISWA IPA SMP BERBASIS KETERAMPILAN PROSES PADA MATERI PENGUKURAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA SMP Berbasis Keterampilan Proses pada Materi Pengukuran. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Keefektifan LKS ditinjau berdasarkan nilai pretest dan posttest keterampilan proses sains. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran menggunakan LKS berbasis keterampilan proses. Skor N-gain yang diperoleh menunjukkan bahwa sebanyak 2 siswa mengalami peningkatan dengan kriteria tinggi dan 18 siswa lainnya mengalami peningkatan dengan kriteria sedang. Keterampilan proses sains yang diteliti mengalami peningkatan tinggi pada indikator mengukur sedangkan pada indikator mengamati, memprediksi, mengomunikasikan dan menyimpulkan mengalami kriteria peningkatan sedang. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa LKS IPA SMP Berbasis Keterampilan Proses yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Kata Kunci: lembar kerja siswa, keefektifan, keterampilan proses sains
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

