Keefektifan LKS Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana

  • RISKI DWI FANANI
  • AN NURIL MAULIDA FAUZIAH

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan LKS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pesawat sederhana untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode “one group pre-test post-test design”. LKS berbasis CTL diuji cobakan pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 40 Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah lembar evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara melakukan uji pre-test dan post-test. Keefektifan LKS berbasis CTL yang diukur dari hasil pre-test dan post-test ini mendapatkan skor N-Gain pada aspek keterampilan proses sains sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis CTL dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi pesawat sederhana.
Published
2018-07-10
How to Cite
DWI FANANI, R., & NURIL MAULIDA FAUZIAH, A. (2018). Keefektifan LKS Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23997
Abstract Views: 179
PDF Downloads: 9084