PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA SETELAH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E

  • AJENG UMI FADILAH
  • AN NURIL MAULIDA FAUZIAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi pesawat sederhana setelah penerapan model learning cycle 5E. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental dengan rancangan desain “One-Group Pretest-Posttest Design”. Sasaran penelitian ini menggunakan 37 peserta didik SMP Negeri 3 Candi kelas VIII-1 pada semester ganjil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan persentase pemahaman konsep peserta didik pada indikator C1 menafsirkan dari 23% menjadi 97%, C2 menafsirkan dari 10% menjadi 87%, C2 mencontohkan dari 87% menjadi 93%, C2 mengklasifikasikan dari 42% menjadi 81% dan C2 menjelaskan dari 4% menjadi 65%. Peningkatan pemahaman konsep peserta didik tersebut salah satunya dengan menggunakan model learning cycle 5E yang digunakan untuk membangun konsep yang dimiliki peserta didik melalui proses asimilasi dan akomodasi.

Kata Kunci: pemahaman konsep, learning cycle 5E, pesawat sederhana.
Published
2018-05-30
How to Cite
UMI FADILAH, A., & NURIL MAULIDA FAUZIAH, A. (2018). PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA SETELAH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23363
Abstract Views: 116
PDF Downloads: 74