KEEFEKTIFAN LKS BERSTRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW TOPIK HUKUM NEWTON UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP

  • LAILY DWI JUNIANTI
  • AN NURIL MAULIDA FAUZIAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan dari LKS berstrategi inquiring minds want to know topik Hukum Newton untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMP. Metode yang digunakan yaitu pre-experimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan kepada 36 siswa kelas VIII SMPN 19 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Keefektifan dari LKS dihasilkan dari uji N-Gain score antara nilai pretest dan posttest setiap aspek keterampilan proses sains. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan hasil analisis uji n-gain sebesar 0.71 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS berstrategi inquiring minds want to know topik Hukum Newton dapat melatihkan keterampilan proses sains siswa.

Kata Kunci: Keefektifan, LKS Berstrategi Inquiring Minds Want To Know , Keterampilan Proses Sains

Published
2018-06-05
How to Cite
DWI JUNIANTI, L., & NURIL MAULIDA FAUZIAH, A. (2018). KEEFEKTIFAN LKS BERSTRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW TOPIK HUKUM NEWTON UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23474
Abstract View: 20
PDF Download: 14