KELAYAKAN BUKU AJAR BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

  • AMANDA DWI RISTANTI
  • FIDA RACHMADIARTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui kelayakan buku ajar berbasis etnosains pada materi pencemaran lingkungan untuk melatihkan berpikir kritis siswa SMP secara teoritis dan empiris. Kelayakan teoritis ditinjau berdasarkan validasi buku ajar, sedangkan kelayakan empiris ditinjau berdasarkan uji keterbacaan dan hasil respon siswa terhadap buku ajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan mengacu prosedur pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 tahapan. Namun, tahapan yang ditempuh hanya sampai pada tahap ketujuh yaitu revisi produk. Uji coba dilakukan secara terbatas di SMPN 1 Gresik tahun pelajaran 2017/2018 di kelas VII sebanyak 32 siswa. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa buku ajar berbasis etnosains dinyatakan layak digunakan untuk siswa SMP secara teoritis yang ditinjau berdasarkan hasil validasi. Skor yang diperoleh dari hasil validasi sebesar 3,73 dengan kategori sangat valid. Kelayakan empiris buku ajar yang ditinjau berdasarkan uji keterbacaan memperoleh peringkat 7 yang berarti sesuai dan layak digunakan untuk siswa SMP kelas 7, sedangkan respon siswa terhadap buku ajar memiliki nilai rata-rata sebesar 91,25% dengan kriteria sangat baik

Kata Kunci: buku ajar, etnosains, berpikir kritis

Published
2018-06-08
How to Cite
DWI RISTANTI, A., & RACHMADIARTI, F. (2018). KELAYAKAN BUKU AJAR BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23573
Abstract Views: 106
PDF Downloads: 130