IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA SUB MATERI EKOSISTEM

  • Ahmad Khoirul Aziz Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Fida Rachmadiarti Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan meningkatanya keterampilan proses sains dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD), dengan rancangan penelitian Pre-experimental, hanya membutuhkan satu kelas dan tidak menggunakan kelas kontrol, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hidayatul Muta’alimin Lamongan 2017-2018 yang berjumlah 22 siswa dan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan keterampilan proses sains dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD hal tersebut dapat diketahui dengan adanya peningkatan di pretest dan posttest dengan berdasrkan hasil N-gain sebesar 0,6 dan masuk dalam kategori sedang sedangkan aspek keterampilan proses sains ada mengalami peningkatan dari pertemuan pertama ialah 54,6 sedangkan pertemuan kedua meningkat 80,5 sedangkan pada keterlakasanaan pembelajaran STAD mengalami peningkatan, siswa memberikan respons 99% sangat baik terhadap pembelajaran STAD, Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada sub materi ekosistem.

 

Kata Kunci: student team achievement division, keterampilan proses sains, ekosistem.

Published
2019-12-22
How to Cite
Aziz, A., & Rachmadiarti, F. (2019). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA SUB MATERI EKOSISTEM. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/32288
Section
Articles
Abstract View: 37
PDF Download: 40