PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLASH PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII

  • Dwi Rahmawaty Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Fida Rachmadiarti Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif flash yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas VII. Metode penelitian yang digunakan yaitu R & D dengan enam tahap rancangan pengembangan R & D diantaranya: (1) tahap potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, 4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk. Desain penelitian berupa One Group pre-test dan post-test design, dengan 25 siswa kelas VII SMP Negeri 6 Sidoarjo tahun pelajaran 2018/2019 sebagai subjek uji coba sesuai desain penelitian. Metode pengumpulan data berupa validasi, observasi, tes, dan angket. Hasil dari penelitian ini yaitu validitas berdasarkan penilaian dua dosen ahli FMIPA UNESA dan satu guru IPA menunjukkan hasil bahwa: (1) Multimedia interaktif flash sangat valid dengan nilai rata-rata 96,88%. (2) Multimedia interaktif flash sangat praktis, dibuktikan dengan hasil rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 94%, dan respon siswa sebesar 97,22% untuk angket respon siswa, serta penggunaan multimedia interaktif sangat praktis, terbukti dengan interaktivitas yang ditunjukan oleh siswa melalui rata-rata aktivitas siswa sebesar 99,2%. (3) Keefektifan multimedia interaktif flash dapat dilihat berdasarkan peningkatkan hasil belajar siswa pada penilaian pengetahuan sebesar 80% dengan rata-rata skor n-gain sebesar 0,65 yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan pada penilaian keterampilan pengamatan LKS 1 ketuntasan belajar sebesar 92%, penilaian keterampilan pengamatan LKS 2 siswa tuntas 100%, dan pada penilaian proyek semua siswa juga telah mencapai kriteria ketuntasan. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif flash pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan layak untuk digunakan.

 

Kata Kunci: multimedia interaktif, interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, hasil belajar.
Published
2019-12-22
How to Cite
Rahmawaty, D., & Rachmadiarti, F. (2019). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLASH PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/32287
Section
Articles
Abstract Views: 150
PDF Downloads: 362