Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP Negeri 1 Sendang pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains setelah diterapkan metode pembelajaran berbasis kegiatan laboratorium pada materi energi dalam sistem kehidupan. Pre experimental design merupakan jenis penelitian yang digunakan dengan rancangan penelitian One Group Pretest and Posttest design. Sampel penelitian yang digunakan adalah peserta didik SMP Negeri 1 Sendang kelas VII-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode tes (pretest dan posttest) keterampilan proses sains. Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain score. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa keterampilan proses sains peserta didik meningkat setelah diterapkan metode pembelajaran berbasis kegiatan laboratorium pada materi energi dalam sistem kehidupan, rata-rata pretest peserta didik mendapat skor sebesar 50,17 dan rata-rata posttest peserta didik mendapat skor sebesar 81,70 dengan ketuntasan klasikal pada posttest sebesar 90%. Keterampilan proses sains tiap aspek juga meningkat dari hasil pretest mendapat skor sebesar 49,99 dan hasil posttest sebesar 81,91. Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik dikategorikan sedang dengan indeks gain 0,64.
Kata Kunci: Demonstrasi, Penyelidikan Terstruktur, Keterampilan Proses Sains.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

