PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUB MATERI METABOLISME SEL

  • Nila Dewi Sabdo Sih Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Martini Martini Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa terhadap penggunaan media video pembelajaran sub materi metabolisme sel. Jenis penelitian yang digunakan Pre-experimental dengan rancangan One Group Pretest and Postest Design. Subyek penelitian adalah siwa kelas 7-A di SMP Negeri 1 Gampengrejo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa ranah pengetahuan, dari analisis n-gain menunjukkan dalam kategori sedang 12 siswa dan dalam kategori tinggi 11 siswa. Analisis data uji-t berpasangan menggunakan SPSS 16 for windows menunjukkan sig (2 tailed) 0,00 lebih kecil dari 0,05 yang artinya, H0 ditolak sehingga  terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar. Penggunaan media video pembelajaran sub materi metabolisme sel mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Media video pembelajaran, hasil belajar.

Published
2019-12-22
How to Cite
Sih, N., & Martini, M. (2019). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUB MATERI METABOLISME SEL. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/32292
Section
Articles
Abstract View: 322
PDF Download: 211