MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAPPING MATERI PENCEMARAN UDARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan literasi sains dengan menggunakan strategi pembelajaran mind mapping. Literasi sains pada penelitian ini merupakan aspek kompetensi ilmiah yang terdiri dari indikator menjelaskan fenomena ilmiah,mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah serta menafsirkan data dan bukti secara ilmiah. Rancangan penelitian menggunakan one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan lembar tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain,dan uji t-tidak berpasangan. Peningkatan literasi sains di kelas VII G paling signifikan pada indikator menjelaskan fenomena ilmiah dengan analisis n-gain rata-rata 0,87, indikator mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah sebesar 0,83,dan pada indikator menafsirkan data dan bukti secara ilmiah sebesar 0,56. Pada kelas VII H peningkatan paling signifikan juga pada indikator menjelaskan fenomena ilmiah dengan analisis n-gain rata-rata 0,80, indikator mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah sebesar 0,73 dan indikator menafsirkan data dan bukti secara ilmiah sebesar 0,73. Dapat disimpulkan kemampuan literasi sains siswa melalui strategi pembelajaran mind mapping materi Pencemaran Udara mengalami peningkatan. Peningkatan yang paling signifikan pada indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah.
Kata Kunci: mind mapping,peningkatan dan literasi sains
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

