PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN LKPD BERBASIS SCAFFOLDING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

  • Dyah Puspita Ningrum Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Budiyanto Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Enny Susiyawati Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: guided inquiry, scaffolding student’s worksheet, science process skills

Abstract

This study aims to describe the achievements for VIII A students of JHS 1 Kraksaan in improving  science process skills on the matter of Archimedes Principle through the implementation of a guided inquiry learning model with scaffolding student’s worksheet. One-Group Pre-test-Post-test design is used with a total 30 students in one class. The instrument in data was in the sheets of learning plan, sheet of pre-test and post-test science process skills, and questionnaires to determine student responses from learning activities. The results of data analysis showed that: (1) The learning plan use guided inquiry learning model with scaffolding student’s worksheet to train student’s science process skills on the matter of Archimedes Principle was done very well. (2) Science process skills of students are increased with the N-gain score obtained of 0.69 with a medium category. (3) The result of student responses is 92,31% of students provide a positive responses with a very good category, so the implementation of guided inquiry learning model with scaffolding student’s worksheet can train student’s science process skills on the matter of Archimedes Principle.

References

Andrian, Eko. (2020, November 19). Membuat Pembelajaran Lebih Kontekstual pada masa Pandemi. inovasi.or.id.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik . Rineka Cipta.
Azizah, F., & Ismono. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Pada Materi Laju Reaksi, Unesa Journal of Chemical Education, 8(02), 126-131. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/28440/26020
Cahyaniputri, D.K. (2020) Kevalidan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Tekanan Zat Cair, Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 8(03), 241-247. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38396/33851
Dewi, H. (2016). Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Dipadu dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 933-942. http://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Hartina-Dewi-933-942.pdf
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Fahrucah, E., & Sugiarto, B., (2012) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Kimia Sma Kelas Xi Pokok Bahasan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Melalui Pendekatan Scaffolding, Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 92-96. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/160
Gah, Hendrico Mark Phillips Djawa. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Daring [Thesis, Universitas Pelita Harapan]. http://repository.uph.edu/12115/14/Abstract.pdf
Ghozali, Imam. (2010). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Undip Press.
Hake, Richard. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Universitas Indiana Press.
Istiqomah, N. N., Mulyanratna, M., & Astriani, D. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Pada Materi Suhu Dan Perubahannya Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII Di Smp Negeri 1 Sidoarjo. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 3(03). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/24053/21989/
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Ningsih, D., & Erman, E. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Setelah Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pemisahan Campuran. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 6(02), 63-66. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23059
Özdilek, Z., & Bulunuz, N. (2009). The effect of a guided inquiry method on pre-service teachers’ science teaching self-efficacy beliefs. Journal of Turkish Science Education, 6(2), 24–42. https://www.tused.org/index.php/tused/article/view/102/64
Pamungkas, Ardhian Singgih. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Proses Pembelajaran Di Sd Negeri Siyono 1 Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta] http://eprints.uny.ac.id/56008/1/Ardhian%20Singgih%20Pamungkas_13105241045.pdf
Pratama, R., A., & Saregar, A., (2019) Development Of Students’ Worksheets (LKPD) Based On Scaffolding To Train Concept Understanding, Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84-97. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/3975
Rauf, R. A. A., Rasul, M. S., Mansor, A. N., Othman, Z., & Lyndon, N. (2013). Inculcation of science process skills in a science classroom. Asian Social Science, 9(8), 47–57. https://doi.org/10.5539/ass.v9n8p47
Riduwan. (2013). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta
Rus, A., Fatmawati, A., & Muliadi, A. (2017). Implementasi Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 5(2), 42-47. https://doi.org/10.33394/j-ps.v5i2.1155
Setyarini, D.A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Scaffolding pada Mata Pelajaran IPA (Fisika) SMP untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis [Skripsi, Universitas Negeri Jember] http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84182
Slavin, R.E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Indeks.
Sudiarman., Soegimin, W.,W., & Susantini, E., (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Dan Meningkatkan Hasil Belajar Pada Topik Suhu Dan Perubahannya, Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 4(2), 658-671. http://dx.doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p658-671
Sudjana.(2007). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Grasindo
Wirangga, C., Ahda, Y., & Arsih, F. (2018). Development of Interactive Multimedia Based on Power Point at Fluid Pressure Material and Implementation in Life; for Junior High School Students. Bioeducation Journal, 2(2), 168–177. https://doi.org/10.24036/bioedu.v2i2.101
Yusup, Febrianawati. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17-23. https://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Zulkarnain, K.D., & Irianto, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Practice-Rehearsal Pairs dengan Media Maket pada Materi Pelajaran Konstruksi Bangunan Atap dan Kuda-Kuda Kayu Siswa Kelas X TGB di SMK Negeri 1 Sidoarjo, Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Surabaya, 2(02), 1-7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/23447/21438
Published
2021-12-02
How to Cite
Ningrum, D., Budiyanto, M., & Susiyawati, E. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN LKPD BERBASIS SCAFFOLDING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(3), 399-406. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/41078
Section
Articles
Abstract Views: 541
PDF Downloads: 528