IMPLEMENTASI GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN SIMULASI INTERAKTIF PhET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

  • Dian Nurfahzuni Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Budiyanto Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Guided inquiry, PhET interactive simulations, science process skills

Abstract

This study aimed to describe the improvement of students' science process skills by applying a guided inquiry learning model assisted by PhET interactive simulations in one of public Junior High School in Sidoarjo. This study used pre-experimental with a one-group pretest-posttest design. This study involved 17 students of class VII D in the Academic Year 2021/2022. Data collection methods through a observation, questionnaire, and test. The instrument of this study used observation sheets of learning implementation, science process skills tests (pretest and posttest), and student response questionnaires. The results of this study showed that the learning implementation had been carried out very well at each meeting. The learning outcomes of students’ science process skills increased significantly, based on the analysis of the average N-gain score in the medium criteria. Students gave positive responses to the learning that has been done with very good criteria. Based on the description above, it can be concluded that the learning used a guided inquiry model assisted by PhET interactive simulations was able to improve students’ science process skills. 

Author Biographies

Dian Nurfahzuni, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Mohammad Budiyanto, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

References

Af’idayani, N., Setiadi, I., & Fahmi. (2018). The effect of inquiry model on science process skills and learning outcomes. European Journal of Education Studies, 4(12), 177–182. https://doi.org/10.5281/zenodo.1344846

Budiyanto, M., Suhariningsih, & Yasin, M. (2017). Potensi sensor serat optik deteksi konsentrasi kolesterol sebagai media pembelajaran gelombang dan optik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n1.p1-5

Dewi, H. (2016). Pembelajaran model inkuiri terbimbing dipadu dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1, 933–942. http://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Hartina-Dewi-933-942.pdf

Dimyati, & Mujiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. PT Rineka Cipta.

Direktorat Pembinaan SMP, T. (2017). Panduan penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan atas. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Fithriani, S. L., Halim, A., & Khaldun, I. (2016). Penggunaan media simulasi PhET dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan kalor di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 45–52. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/7578/6228

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete dengan program SPSS (edisi ke-9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Good, T. L., & Lavigne, A. L. (2017). Looking in classrooms (11th ed.). Routledge.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. Indiana University Press.

Hariyadi, D., Ibrohim, & Rahayu, S. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap keterampilan proses dan penguasaan konsep IPA siswa kelas VII pada materi ekosistem. Jurnal Pendidikan, 1(8), 1567–1574. https://doi.org/10.17977/jptpp.v1i8.8891

Ibrohim. (2015). Pengembangan pembelajaran IPA/biologi berbasis discovery/inquiry dan potensi lokal untuk meningkatkan keterampilan dan sikap ilmiah serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Interpreneurship II, FKIP UNS.

Jiwanto, I. N., Sugianto, & Khumaedi. (2017). Pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing kooperatif jigsaw terhadap keterampilan proses sains siswa SMP. Jurnal Pendidikan Ipa Veteran, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.31331/jipva.v1i1.511

Mufidah, Ruhiat, Y., & Utami, I. S. (2019). Penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan PhET untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada konsep gerak harmonik sederhana. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Untirta, 2(1), 247–255. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/sendikfi/article/view/9731/6744

Ningrum, D. P., Budiyanto, M., & Susiyawati, E. (2021). Penerapan model pembelajaran guided inquiry dengan LKPD berbasis scaffolding untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(3), 399–406. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/41078/36817

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, (2014).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, (2013).

Perkins, K., Adams, W., Dubson, M., Finkelstein, N., Reid, S., Wieman, C., & LeMaster, R. (2006). PhET: interactive simulations for teaching and learning physics. The Physics Teacher, 44(1), 18–23. https://doi.org/10.1119/1.2150754

Prameswari, G., Apriana, R., & Wahyuni, R. (2018). Pengaruh model inquiry learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi fungsi kuadrat kelas X SMA Negeri 3 Singkawang. JPMI, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.522

Siregar. (2015). Metode penelitian kuantitatif. Prenadamedia group.

Siswanto, Yusiran, & Fajarudin, M. F. (2016). Keterampilan proses sains dan kemandirian belajar siswa: profil dan setting pembelajaran untuk melatihkannya. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 190–202. https://doi.org/10.30870/gravity.v2i2.1136

Sudibyo, E., Naini, A. F., & Sabtiawan, W. B. (2019). The effectiveness of student worksheet to train science process skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2), 70–74. https://doi.org/10.26740/jppipa.v4n2.p70-74

Sudibyo, E., Nurita, T., & Fauziah, A. N. M. (2018). Penggunaan lembar kerja berorientasi pendekatan keterampilan proses untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 21–26. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p21-26

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Afabeta.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). (2020).

Published
2023-01-31
How to Cite
Nurfahzuni, D., & Budiyanto, M. (2023). IMPLEMENTASI GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN SIMULASI INTERAKTIF PhET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 11(1), 53-60. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/46672
Section
Articles
Abstract Views: 320
PDF Downloads: 271