PERKEMBANGAN PENDIDIKAN SAINS SETELAH DUA TAHUN PANDEMI COVID-19

  • Muhamad Arif Mahdiannur Universitas Negeri Surabaya
Keywords: science education and learning, pandemic, learning loss

Abstract

Pandemi masih menjadi salah satu isu utama dalam bidang pendidikan sejak kemunculannya di penghujung tahun 2019. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains pada edisi kali ini juga masih fokus pada isu proses belajar-mengajar selama pandemi. Volume 10 Nomor 1 Januari 2022 ini terdiri atas 25 artikel. Berbagai upaya untuk mengoptimalkan proses pembelajaran dibahas secara lengkap dalam 25 artikel tersebut. Berbagai isu utama dalam pengembangan kompetensi siswa seperti keterampilan berpikir kritis, argumentasi, keterampilan berpikir kreatif, peta pikiran, keterampilan proses sains, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam proses pembelajaran daring dan hibrid menjadi kajian utama dalam terbitan kali ini.

References

Azhari, B., & Fajri, I. (2021). Distance learning during the COVID-19 pandemic: School closure in Indonesia. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1–21. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1875072

Bryson, J. R., & Andres, L. (2020). Covid-19 and rapid adoption and improvisation of online teaching: curating resources for extensive versus intensive online learning experiences. Journal of Geography in Higher Education, 44(4), 608–623. https://doi.org/10.1080/03098265.2020.1807478

DeMatthews, D., Knight, D., Reyes, P., Benedict, A., & Callahan, R. (2020). From the field: Education Research during a pandemic. Educational Researcher, 49(6), 398–402. https://doi.org/10.3102/0013189X20938761

Salta, K., Paschalidou, K., Tsetseri, M., & Koulougliotis, D. (2021). Shift from a traditional to a distance learning environment during the COVID-19 pandemic. Science & Education. https://doi.org/10.1007/s11191-021-00234-x

Published
2022-01-16
How to Cite
Mahdiannur, M. (2022). PERKEMBANGAN PENDIDIKAN SAINS SETELAH DUA TAHUN PANDEMI COVID-19. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 10(1), ii-iii. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/44472
Section
Editorial
Abstract Views: 528
PDF Downloads: 494