Respon Peserta Didik dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kearifan Lokal
Keywords:
Respons Peserta Didik, Inkuiri Terbimbing, Kearifan LokalAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan respons peserta didik setelah penerapan model inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal. Instrumen pengumpulan data adalah alat bantu yang dipilih dan digunakan oleh peneliti dalam kegiatannya mengumpulkan agar kegiatan tersebut menjadi sistematis dan permudah olehnya. Adapun instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket. Dalam konteks ini, angket digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan menerapkan inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal. Analisis angket yang diperoleh dari respons siswa dilakukan dengan menghitung persentase, kemudian disimpulkan dalam bentuk kalimat deskriptif. Pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal menunjukkan dampak positif terhadap respons peserta didik terhadap peningkatan literasi sains mereka.
Downloads
References
Alim. (2019). Analisis Keterampilan Literasi Sains dan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Etnosains. Tesis, Universitas Negeri Semarang
Apriliani, N. M. P. D., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 122–129. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17390
Baker, A., Johnson, R., & Smith, K. (2021). Enhancing science literacy through project-based learning: A study of impact on student engagement. Journal of Science Education, 45(3), 289-305. https://doi.org/10.1016/j.jse.2021.01.005
Dewi, R., & Fitriani, E. (2019). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 45-56.
Fitriani, H., dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 5(2), 123-134.
Gafur, M. (2019). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 8(2), 123-132.
Garcia, M. (2023). Exploring the connection between critical thinking and science literacy. International Journal of Science Education, 45(2), 178-195. https://doi.org/10.1080/09500693.2023.2170089
Irawan, A. (2021). Tantangan Pendidikan Sains di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 11(2), 87-96.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An educational psychology success story: Social interdependence theory and cooperative learning. Educational Researcher, 38(5), 365–379.
Mulyasa. (2008). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2006. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugroho, S. (2020). Pembelajaran fisika kontekstual berbasis budaya lokal untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 16(2), 105–112.
Pratama, R. (2022). Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Purwanti, S. (2020). Strategi Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pembelajaran IPA, 9(2), 67-76.
Rahayu, S. (2018). Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Erlangga.
Rosyidah, N., & Setiawan, B. (2025). Penerapan Inkuiri Terbimbing Berbasis Kearifan Lokal sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 5(1), 1-10.
Suyanto, R. (2020). Pentingnya Pendidikan Sains dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, 10(1), 23-32.
Saefurrohman, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Materi. Repository UIN Banten.
Salsabila, N, & Yurnetti (2025). Strategi NHT dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa di Kelas IPA SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(2), 16575-16579.
Sari, M. (2021). Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 200-210.
Setiawan, A. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 10(2), 123-135.
Widodo, C., & Lestari, P. (2019). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA. Bandung: UPI Press.
Yolida, B, & Priadi, M. A (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terimbing Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Bioteknologi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 9(2), 38-48.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
