Respon Siswa Terhadap Penerapan Inkuiri Terbimbing Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.26740/pensa.v13i2.72130Keywords:
Inkuiri Terbimbing, Kearifan Lokal, karapan sapi, Berpikir Kritis, klasifikasi makhluk hidupAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbasis kearifan lokal karapan sapi dalam pembelajaran IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas VIII SMPN 1 Kamal. Data diperoleh melalui angket skala Likert empat poin yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata respon positif siswa terhadap pembelajaran mencapai 86,48%. Mayoritas siswa merasa tertarik, senang, dan termotivasi untuk berpikir kritis selama pembelajaran. Pembelajaran yang mengaitkan materi dengan budaya lokal terbukti mampu meningkatkan keterlibatan emosional dan kognitif siswa, serta mendorong kemampuan mereka dalam mengamati, menganalisis, dan menyimpulkan. Namun demikian, aspek kolaboratif seperti diskusi dan rasa percaya diri siswa masih memerlukan penguatan. Oleh karena itu, disarankan agar guru mengintegrasikan strategi kolaboratif dalam model pembelajaran ini, serta memberikan pendampingan yang lebih intensif untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, kearifan lokal, karapan sapi, klasifikasi makhluk hidup, berpikir kritis.
Downloads
References
Apriyani, R., Gloriani, Y., & Khaerudin, I. R. (2022). MODEL KONTEKSTUAL BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL PADA MATERI CERITA RAKYAT. Jurnal Tuturan, 11(1).
Arini, R., Rahayu, Y. S., & Erman, E. (2023). Profile of Critical Thinking Results Analyzed from Facione Indicators and Gender of Learners. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(4), 434–446. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i4.328
Harisatunisa, H., & Sauqi, C. (2023). Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Lokal Penginyongan. Jurnal Kependidikan, 11(2), 211–225. https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8641
Hasanah, S. N., Sunarno, W., & Prayitno, B. A. (2020). Profile of Students’ Critical Thinking Skills in Junior High Schools in Surakarta.
Hidayati, T., & Purwaningsih, D. (2023). The Effect of Applying Problem-Based Learning Model on Students’ Critical Thinking Ability Science Subjects in Grade V Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 12(3), 576–585. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v12i3.55235
Irhasyuarna, Y., Kusasi, M., Fahmi, F., Fajeriadi, H., Aulia, W. R., Nikmah, S., & Rahili, Z. (2022). Integrated science teaching materials with local wisdom insights to improve students’ critical thinking ability. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(3), 328. https://doi.org/10.20527/bino.v4i3.14148
Mardhatillah, W., & Nurita, T. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(2), 777–780. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1279
Nur’azizah, H., Kurnia Jayadinata, A., Gusrayani, D., Studi, P., Upi, K., Sumedang, K., Mayor, J., & 211 Sumedang, A. N. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ENERGI BUNYI (Vol. 1, Issue 1).
Qurbonova, D. (2024). Exploring the Challenges of 4C’S on 21 St Century Skills of Efl Learnes in Indonesia, Malaysia and Libyan. ResearchGate. https://doi.org/10.5281/zenodo.10800391
Rachman, A., Purnomo, H., & Samanlangi, A. I. (2024). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN RD. CV Saba Jaya Publisher.
Ramadhana, R., & Muchlis, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Asam Basa. Chemistry Education Practice, 5(2), 133–141. https://doi.org/10.29303/cep.v5i2.3379
Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis
Sagajoka, E., & Fatima, I. (2023). KEARIFAN LOKAL, MODAL SOSIAL DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN. ANALISIS, 13(2), 426–440. https://doi.org/10.37478/als.v13i2.2938
Santoso, J., Srikandi Octaviani, dan, & PGRI Metro, S. (2021). PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Journal of Elementary School Education, 1(2), 2021.
Septyana, N. W., Sukawati, I., & Wh, N. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Usaha Dan Energi Kelas VIII F SMP Negeri 34 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Penelitian Tindakan Kelas.
Sukahar, N., Dara Amin, B., Khaeruddin Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan, & Negeri Makassar, U. (2023). PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. CHARM SAINS, 4, 122–128.
Zaki, A., Mulbar, U., Husniati, A., & Naufal, M. A. (2024). Integrating Local Wisdom with Project-Based Learning to Enhance 21st-Century Skills in the Society 5.0 Era. Journal of Ecohumanism, 3(7), 1821–1831. https://doi.org/10.62754/joe.v3i7.4341
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 98
,
PDF Downloads: 21














