TINJAUAN VARIASI MELODI PADA KARYA MUSIK “KIDUNG DHARMA SAMUDERA”

  • ANGGER YUDA PURWITA PUTRA
  • MOH SARJOKO

Abstract

Karya musik Kidung Dharma Samudera adalah suatu ungkapan kisah pertempuran laut aru yang dituangkan dalam bentuk komposisi musik. Karya ini dilatar belakangi oleh rasa nasionalis yang begitu besar yang dirasakan komposer kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan merupakan gambaran dari peristiwa yang menjadi sejarah penting telah di lewati.
Karya Kidung Dharma Samudera ini akan di kaji variasi melodi oleh komposer pada setiap bagian lagu. Metode yang dipakai dalam mengkaji adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan ilmu bentuk analisis musik.
Dari hasil pengkajian maka dapat disimpulkan bahwa karya musik Kidung Dharma Samudera memiliki bentuk lagu tiga bagian kompleks atau tiga bagian besar yaitu Ak (A kompleks), Bk (B kompleks), Ck (C kompleks). Durasi karya “Kidung Dharma Samudera” adalah 9 menit dengan total birama 150 birama. Pada bagian pertama lagu dimainkan dengan tangga nada C mayor, sukat 4/4 dan dimainkan dengan tempo Lento, kemudian terdapat perubahan tangga nada menjadi D mayor, tempo menjadi allegro, andante, dan lento.
Pada setiap bagiannya memiliki struktur dan terdapat kalimat-kalimat melodi dari Kalimat A sampai dengan Kalimat F. Sedangkan tinjauan harmoni pada karya musik Kidung Dharma Samudera ditinjau dari empat komponen yaitu, progress akord, harmoni terbuka, harmoni tertutup, kadens, dan modulasi. Harmonisasi terlihat pada komponen akord yang dijelaskan pada setiap biramanya. Dari hasil pengkajian ini dapat diketahui bahwa pada karya musik Kidung Dharma Samudera, terdapat beberapa teknik variasi melodi yaitu : 1. Deadspot filler, 2. Melodic variation and fake,3. Rhytmic Variation, 4. Counter Melody, 5. Obligato .

Kata kunci : Melodi, Akord
Published
2018-07-16
How to Cite
YUDA PURWITA PUTRA, A., & SARJOKO, M. (2018). TINJAUAN VARIASI MELODI PADA KARYA MUSIK “KIDUNG DHARMA SAMUDERA”. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/24146
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 68