TINJAUAN BENTUK MUSIK PADA KARYA MUSIK “SINFONIA IN A MINOR”

  • WHENI MARIFATUS SHOLIKAH
  • MOH SARJOKO

Abstract

“ Sinfonia In A minor” merupakan judul komposisi musik yang memiliki arti bentuk musik Sinfonia yang dimainkan dalam tangga nada A minor. Sesuai dalam buku sejarah musik jilid 2, Sinfonia ini dimainkan dalam Ensembel String yang terdiri dari violin 1, violin 2, viola, violoncello, contrabass yang digunakan untuk meneliti kajian bentuk musik.
Kajian pustaka dilandasi dengan bantuan buku Prier sejarah musik jilid 2 dan juga ilmu analisa bentuk musik(IABM) sebagai landasan utama dalam pembuatan komposisi musik “Sinfonia in A minor” dengan ditambahi buku kajian yang berhubungan dengan musik Absolut.
Proses penciptaan berawal dari ekplorasi dan kerja studio, dengan membuat motif kemudian dikembangkan menjadi Frase dan terbentuk sebuah kalimat serta diakiri dengan sebuah Kadens. kemudian metode analisis dan evaluasi, dengan pendekatan ilmu bentuk analisis musik dengan mengevaluasi pembentukan harmoni, kontrapung dan dinamika, serta metode penyampaian materi kekaryaan dilakukan dengan metode deskripstif kualitatif.
Bentuk musik “Sinfonia in A minor” ialah Movement I Allegro dengan bentuk Sonata, Movement II lento dengan bentuk 3 bagian dan movement III vivace bentuk Rondo Prancis.
Dianalisis bentuk dan struktur di setiap bagianya. Allegreto merupakan bentuk sonata yang terdiri dari eksposisi, development dan rekapitulasi yang terdiri dari 96 birama. Movement II terdiri dari 3 bagian yaitu A-B-A’ yang terdiri dari 30 birama. Movement III merupakan bentuk musik Rondo prancis dengan bentuk A-A-B-B-A-A-C-C-A terdiri dari 74 birama.

Kata Kunci : Bentuk musik, Sinfonia, Ansamble
Published
2018-07-09
How to Cite
MARIFATUS SHOLIKAH, W., & SARJOKO, M. (2018). TINJAUAN BENTUK MUSIK PADA KARYA MUSIK “SINFONIA IN A MINOR”. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/23902
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 43