KARYA MUSIK ”REQUIEM OF GENOCIDE”DALAM TINJAUAN ORKESTRASI

  • AHMAD ADAM ADHITAMA
  • MOH SARJOKO

Abstract

Etnis Rohingya merupakan Etnis paling menyedihkan di dunia ini, karena di negara sendiri tidak di akui di negara tetangga pun di tolak. Di negara nya sendiri yakni Myanmar mereka mendapatkan perlakuan yang sangat tidak manusiawi sejak tahun 1962 dan hal itu berlangsung hingga sekarang, mereka menjadi korban pembunuhan, pemerkosaan, penganiayaan, dan pelanggaran HAM lainnya atau bisa disebut sebagai Genosida. Dari fenomena tersebut komposer mengungkapkan suasana hati yang dirasakan melalui karya musik yang berjudul “ Requiem Of Genocide. Karya ini menggambarkan kekejaman yang diberikan oleh militer Myanmar kepada etnis Rohingya.
Requiem adalah sebuah istilah yang memiliki arti misa arwah atau sebuah upacara pemakaman sedangkan Genocide yang memiliki arti Genosida atau pembantaian masal tersistematis oleh karena itu komposer menuangkan fenomena tersebut dalam bentuk karya musik dengan tinjauan orkestrasi
Secara keseluruhan, komposisi pada karya “Requiem Of Genocide” terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian pertama , bagian ke-dua, bagian ke-tiga, dengan total durasi 7 menit 4 detik. Tempo yang bervariasi mulai dari lento andante, moderato, hingga allegro. Tangga nada yang digunakan untuk karya musik tersebut yaitu D, Eb dan E dengan sukat 4/4, 3/4, 6/8, 5/4. Intrument yang digunakan pada karya musik tersebut antara lain : String Instrument ( Violin 1, Violin 2, Viola, Violoncello, Contrabass), Wind Instrument ( Flute, Alto Saxophone, Tenor Saxophone, Horn, Trumpet, Trombone) dan Percussion Instrument ( Bass Drum, Snare Drum, Cymbal, Floor tom,Triangle. ) karya musik tersebut ditinjau dari orkestrasi musik antara lain : (1) Ilmu bentuk dan Analisis Musik, (2) Instrumentasi, (3) Pemillihan Instrumen, (4) Timbre Instrumen, (5) Ambitus Instrumen, (6) Teknik, (7) dinamika, (8) penerapan Orkestrasi karya.
Berdasarkan hasil penciptaan dan pembahasan simpulan yang dibahas mengenai karya musik “ Requiem Of Genocide “dalam format orkestra dengan peletakan intrumentasi sesuai kemampuan masing masing instrumen. Semoga apa yang telah komposer sampaikan secara sederhana ini bisa menjadi referensi yang menarik, menambah wawasan dan pengetahuan, serta dapat membawa perubahan yang positif bagi diri komposer, bagi mahasiswa sendratasik dan bagi pembaca sekalian.

Kata Kunci : Orketrasi,Orkestra, Requiem Of Genocide
Published
2018-07-17
How to Cite
ADAM ADHITAMA, A., & SARJOKO, M. (2018). KARYA MUSIK ”REQUIEM OF GENOCIDE”DALAM TINJAUAN ORKESTRASI. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/24220
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 61