KARYA MUSIK “OVERTURE UL-DAUL” DALAM TINJAUAN VARIASI MELODI

  • MUHAMMAD KHOIRUR ROZIQIN
  • MOH SARJOKO

Abstract

“Overture Ul-Daul” merupakan sebuah karya musik yang terispirasi dari musik tradisi di Madura. Pengertian Ul-Daul bermula dari kata Ul-Gaul yang berarti gaul/mudah diterima. Musik ini pada awalnya sebuah musik patrol untuk membangunkan sahur pada bulan Ramadhan, namun seiring berkembangnya zaman, musik ini mengalami banyak tambahan dalam segi musikal dan akhirnya digunakan sebagai sarana hiburan untuk acara adat maupun acara keagamaan.
Karya musik ini akan dibuat dalam bentuk overture dengan pembagian tempo Allegro-Lento-Allegro serta akan dimainkan dalam sebuah format orkestra yang pengertiannya ialah sekumpulan musisi dalam jumlah besar, terdiri dari 4 kelompok (musik gesek, petik, tiup dan pukul) dan bermain di bawah pimpinan seorang kondaktor. Instrumen yang digunakan adalah violin, viola, cello, bass elektrik, flute, alto saxophone, tenor saxophone, trumpet, trombone, cymbal, bass drum, snar drum, tom-tom, serta tambahan alat yang biasa digunakan pada musik ul-daul yaitu drum air, tok-tok, glockenspiel, tram-tram, dan tamborin.
Dalam karya musik ini terdapat beberapa teknik variasi melodi yang digunakan, yaitu : (1) Dead spot filler; (2) Melodic variation and fake; (3) Rhytmic variation and fake; (4) Counter melody. Karya ini memiliki total 156 birama, memiliki 3 bagian yaitu introduksi, bagian A-B-A dan memiliki durasi 6 menit 2 detik. Tangga nada yang digunakan dalam ialah tangga nada pentatonic dengan dominasi nadanya adalah Do Re Mi Sol La Do.
Kata kunci: Overture Ul-Daul, Orkestra, Variasi Melodi
Published
2018-07-17
How to Cite
KHOIRUR ROZIQIN, M., & SARJOKO, M. (2018). KARYA MUSIK “OVERTURE UL-DAUL” DALAM TINJAUAN VARIASI MELODI. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/24217
Section
Articles
Abstract Views: 133
PDF Downloads: 615