KARYA MUSIK " CHE LA TRADITI ( L AMORE CORRISPOSTO UN TRADIMENTO )" DALAM TINJAUAN ARANSEMEN

  • FAHRIAWAN FEBRI ROMADHONI
  • MOH SARJOKO

Abstract

Karya musik “Che la traditi (L’amore Corrisposto Un Tradimento)” karya musik yang penciptaannya terlatar belakangi oleh keinginan komposer untuk menuangkan atau membagian perasaan komposer tentang manis pahitnya romantika percintaan yang dialami, serta melihat sahabat-sahabat komposer yang juga mengalami nasib yang sama, maka dari itu komposer mempunyai ide untuk mengungkapkan perasaan tersebut kedalam sebuah karya musik “Che la traditi (L’amore Corrisposto Un Tradimento)”. judul tersebut sengaja komposer sadur dari bahasa italia yang berati; Che la traditi yang berarti “Yang terkhianati” dalam bahasa indonesia, serta “L’amore Corrisposto Un Tradimento” yang berarti “Cinta yang dibalas dengan pengkhianatan” yang komposer rasa judul tersebut sesuai dengan tujuan komposer menciptakan karya ini, serta sesuai dengan jenis musik yang ingin komposer tampilkan yaitu bernuansa klasik eropa.
Karya musik “Che la traditi (L’amore Corrisposto Un Tradimento)” ditinjau dari segi aransemen musik berdasarkan ilmu aransemen pada bagian yang sudah disusun oleh komposer, antara lain; (1) melodic variation; (2) counter melody yang disusun dari segi komposisi, yaitu; (1) introduction; (2) transitio; (3) retransition; (4) codeta; (5) interlude; (6) seksi; (7) coda; dan (8) postlude.
Karya musik “Che la traditi (L’amore Corrisposto Un Tradimento)” memiliki total 167 birama dengan durasi 5 menit 47 detik yang memiliki berbagai macam akor. Karya musik “Che La Traditi (L’amore Corrisposto un Tradimento” dimainkan dengan tempo Allegro secara konstan. Karya musik “Che La Traditi (L’amore Corrisposto un Tradimento” mempunyai 2 bagian, A dan B. Bagian A berisi kalimat a, a, b, b, c, d, c1, d1, e, yang tedapat pada birama 17 - 88 dengan memakai sukat 4/4 dan tempo allgero serta menggunakan tangga nada F. Bagian B berisi kalimat a1, a1, b1, b1, c2, d2, e1, c3, d3. Karya musik ini mempunyai unsur-unsur aransemen dalam keilmuan aransemen yang disusun melalui bentuk komposisinya. Bagian introduksi instrumen Soprano solo berperan sebagai melodi pokok pengantar, sedangkan instrumen strings section sebagai pembentuk akor dalam tangga nada C. Variasi melodi yang digunakan ada dua macam, yaitu melodic variation and fake dan rhytmic variation and fake. Karya ini mempunyai interlude yang terdapat pada birama 89-94 menggunakan tangga nada F dengan sukat 4/4 dan tempo Allegro. Sebagai penutup, terdapat postlude yang berfungsi memberikan kesimpulan.
Melalui karya musik “Che la traditi (L’amore Corrisposto Un Tradimento)” diharapkan mahasiswa dan masyarakat umum dapat menjadi referensi, wacana, dan inspirasi dalam mengungkapkan isi hati melalui media musik

Kata Kunci : Che la traditi, orchestra, Aransemen
Published
2018-07-20
How to Cite
FEBRI ROMADHONI, F., & SARJOKO, M. (2018). KARYA MUSIK " CHE LA TRADITI ( L AMORE CORRISPOSTO UN TRADIMENTO )" DALAM TINJAUAN ARANSEMEN. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/24369
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 110