KARYA MUSIK ”RHYTHM FOR FURORA” DALAM TINJAUAN VARIASI RITME PERKUSI

  • DEWA NYOMAN DIPA SANJAYA NUGRAHA
  • MOH SARJOKO

Abstract

Karya musik ”RHYTHM FOR FURORA” berasal dari bahasa Polandia yang berarti suatu keadaan yang sangat marah dan geram. Karya musik ini terinspirasi dari fenomena sosial yang sedang terjadi disekitar kita saat ini yakni gaya kepemimpinan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang sangat nyentrik dan mengundang kontra dan kecaman dari berbagai belahan dunia saat ini. Salah satu kasus yang menimbulkan banyak kontra dan kecaman dari berbagai negara adalah keputusan presiden Amerika Serikat ini dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Pengakuan Amerika akan Yerusalem sebagai Ibukota Israel mengundang kemarahan dari berbagai pihak mulai dari masyarakat internasional hingga komponen negara-neraga dari berbagai belahan benua. Reaksi kemarahan dituangkan kedalam variasi ritme perkusi dengan menggunakan teknik / rudiments dalam format orchestra.
Teori yang digunakan dalam menjawab fokus kekaryaan yang menitik beratkan pada variasi ritme perkusi, komposer mengutip teori yang dikemukakan oleh Prier. Variasi ritme yang dimaksud mengacu pada salah satu bentuk variasi yang terdapat pada bentuk musik variasi. Variasi ritme adalah panjang pendeknya nada dirubah atau birama (hitungannya) dirubah, ataupun tempo dirubah (Prier, 2013: 38). Pada karya musik “RHYTHM FOR FURORA “permainan perkusi menggunakan ritme yang bervariasi, dari ritme asli dan juga ritme yang dikembangkan dengan ritme yang di variasi (tempo, dan durasi).
Secara keseluruhan, komposisi pada karya “RHYTHM FOR FURORA” terdiri dari 9 bagian, yaitu bagian pertama, bagian ke-dua, bagian ke-tiga, bagian ke-empat, bagian ke-lima, bagian ke-enam, bagian ke-tujuh, bagian ke-delapandan terakhir bagian ke-sembilan (klimaks). Dimana pada setiap bagian digunakan berbagai macam variasi ritme perkusi yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan kebutuhan komposisi musik. Variasi ritme yang digunakan adalah perpaduan 1/4 1/8 1/16, perpaduan 1/2 1/4 1/8, perpaduan 1/8 1/16, perpaduan 1/16 1/32.

Kata kunci: Variasi ritme perkusi, RHYTHM FOR FURORA
Published
2018-07-17
How to Cite
NYOMAN DIPA SANJAYA NUGRAHA, D., & SARJOKO, M. (2018). KARYA MUSIK ”RHYTHM FOR FURORA” DALAM TINJAUAN VARIASI RITME PERKUSI. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/24216
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 100