EMBELAJARAN EKSTRAKULIKULER KERONCONG DI SMP KATOLIK SANTA MARIA KEDIRI MELALUI LAGU “Kr. TANAH AIRKU”

Authors

  • Vicenza Farriel Totti State University of Surabaya
  • Moh Sarjoko Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pembelajaran, Ekstrakurikuler

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan metode pembelajaran ekstrakulikuler keroncong di SMP Katolik Santa Maria Kediri, dengan fokus pada lagu “Kr. Tanah Airku”. Tujuan dari penelitian ini adalah untul mendalami pendelatan pembelajaran, respons siswa, dan dampak positif yang dihasilkan melalui program ini. Dalam pengembangan ekstrakulikuler keroncong, sekolah menerapkan metode pembelajaran yang mencakup pengenalan alat musik keroncong, pembelajaran teknik dasar, dan interpretasi mendalam terhadap lagu “Kr. Tanah Airku”. Penelitian ini mencakup pendekatan khusus dalam mengajarkan lagu tersebut termasuk latar belakang sejarah dan nilai nilai yang ingin disampaikan. Respons siswa terhadap program ini sangat positif, dengan tingginya antusiasme dan minat dalam memahami keroncong serta makna lagu “Kr. Tanah Airku”. Indikator keberhasilan seperti peningkatan pemahaman musikal, keterampilan bermain alat musik, dan rasa kebersamaan berhasil diukur. Penelitian ini juga meinci harapan guru terhadap masa depan program ekstrakulikuler keroncong, dengan fokus pada pengembangan lebih lanjut dan peningkatan partisipasi siswa. Kesimpulannya penelitian ini menyajikan gambaran menyeluruh tentang metide pembelajaran ekstrakulikuler keroncong di SMP Katolik Santa Maria Kediri melalui lagu “Kr. Tanah Airku”. Program ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap musik tradisional indonesia, tetapi juga memberikan pengalaman berharga dalam memahami dan menghargai warisan budaya negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran, Cetakan ke-8. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Astawa, I.B.M. & Adnyana, I.G.A.P. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT RAJA GRAFINDO PERSADA.

Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Diawati, C. (2018). DASAR-DASAR PERANCANGAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Febriana, R. (2019). EVALUASI PEMBELAJARAN. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar Dan Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Kencana.

Harmunah, 1996. Musik Keroncong. Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi.

Haidir & Lubis, J. (2019). ADMINISTRASI DAN PERENCANAAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA Optimalisasi Bagi Personel Sekolah dan Korporasi. Jakarta: PRENADAMEDIA GRUP.

Marno & Idris, M. (2008). Strategi & Metode Pengajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nasution, S. (1992). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Octavia, Shilphy, A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Pane, A. and Dasopang, M.D. (2017). Belajar dan pembelajaran.Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), pp.333-352.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Soeharto, dkk. 1996. Serba-Serbi Keroncong. Jakarta : MUSIKA. Setiaji, Cahyo A. (2019). Strategi Pembelajaran Inovatif; Kiat Menjadi Pendidik yang Inspiratif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sylvia,I Luh A. (2021). Guru Hebat di Era Milenial. Indramayu: Penerbit Adab.

Widodo, S. (2018). Belajar dan pembelajaran.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Totti, V. F., & Sarjoko, M. (2025). EMBELAJARAN EKSTRAKULIKULER KERONCONG DI SMP KATOLIK SANTA MARIA KEDIRI MELALUI LAGU “Kr. TANAH AIRKU”. Solah, 11(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/70365
Abstract views: 8 , PDF Downloads: 3

Most read articles by the same author(s)