Visualisasi Gengsi dalam Gaya Hidup Hedonism Pada Karya Tari “ZoM” denga Tipe Tari Dramatik

Penulis

  • Rinaning Dina Karamani Universitas Negeri Surabaya
  • Setyo Yanuartuti Univeristas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

ZoM, tari dramatik, Gen Z, gaya hidup hedonism, gengsi

Abstrak

Karya tari ZoM merupakan sebuah karya tari dramatik yang merefleksikan gaya hidup konsumtif (hedonism) Gen Z akibat pengaruh perasaan gengsi dalam memenuhi kebutuhan status sosial. Gen Z yang lahir antara tahun2001-2012 dikenal sebagai generasi digital native yang kritis, mandiri, dan inovatif, namun juga dekat dengan gaya hidup konsumtif. Fokus isi dalam karya ini merujuk pada teori gengsi oleh Sumarsono (2002) dan perilaku hedonism Gen Z, sedangkan fokus bentuk menggunakan teori dramatik oleh Smith, yang menonjolkan suasana dramatik dalam konteks aktivitas belanja di Mall. Penciptaan karya menggunakan metode konstruksi I oleh Jacqueline Smith melalui proses rangsang visual, idesional, eksplorasi, improvisasi hingga penghalusan. Karya ini terdiri dari 7 adegan dengan 25 ragam gerak, 30 pola lantai, serta properti berupa double triangle, kerangka box, dan standing mirror. Tata rias dan busana dipilih sesuai gaya masa kini Gen Z dengan warna tegas dan kontras, serta Music Instrument Digital Interface (MIDI) sebagai iringan. ZoM disajikan secara simbolis dalam ruang lingkup shopping mall dan menawarkan gagasan estetis serta kritik sosial atas fenomena gengsi yang memicu perilaku konsumtif pada Gen Z, melalui pendekatan visual, dramatik, dan kontemporer.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Apriliani, P. S. (2016). THE EMBODIMENT OF BULLYING THROUGH A SINGLE CHOREOGRAPHY IN THE DANCE WORK "CORNER". Solah, 6(2).

Dewi, S., & Supendi, E. (2023). The Process of Creating Unbalanced Dance Works. Greget: Journal of Creativity and Dance Studies, 22(2), 181-191.

Fransisca, C., & Erdiansyah, R. (2020). Social media and consumptive behavior. Prologia, 4(2), 435-439.

Hadi, S (2012). Choreography: Form – Technique – Content. Kanisius Publishers.

Hawkins, A (2003). Creating Through The Dance. Princeton Book Company.

Jennyya, V., Pratiknjo, M. H., & Rumampuk, S. (2021). Hedonistic lifestyle among students of Sam Ratulangi University. HOLISTIK, Journal of Social and Culture.

Mandey, S.L. (2009). The Influence of Lifestyle Factors on Consumer Purchasing Decisions. Journal of Marketing Management, 6(1), 92-100.

Marpaung, K., & Rahma, T. I. F. (2023). The Influence of Prestige, Discounts, and Financial Literacy on Generation Z's Consumerism Behavior Among Management Students. IMWI Repository Horizon, 6(1), 8-23.

Murgiyanto, S (1983). Basic Knowledge of Dance Composition (B.M Effendy (ed); 1st ed.) Department of Education and Culture.

Oktaviani, D. (2019). The influence of social media on the lifestyle of IAIN metro students (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Piliang, Y.A (1998). Digital Information Society: Information Technology, Social Change, Teenager Rosdakarya.

Pratiwi, B. F. N., & Dwijayanti, R. (2022). The Influence of Lifestyle and Reference Groups on Purchase Decisions (Study on Consumers of Coffee Shops in Tulungagung Regency). Journal of Commercial Education (JPTN), 10(1), 1501-1511.

Rizaldi, M. (2016). The influence of hedonistic lifestyle on smartphone purchase decisions among study students of the Faculty of Economics, State University of Surabaya. Journal of Management Science, 4(2), 85-93.

Smith, J (1985). Dance Composition: A Practical Guide for Teachers (B. Suharto (ed): Perdono). Holiday rentals in Yogyakarta

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Changes in the communication behavior of millennials and generation z in the digital era. Satwika: Cultural Studies and Social Change, 5(1), 69-87.

Diterbitkan

2025-07-28

Cara Mengutip

Rinaning Dina Karamani, & Yanuartuti, S. (2025). Visualisasi Gengsi dalam Gaya Hidup Hedonism Pada Karya Tari “ZoM” denga Tipe Tari Dramatik. Solah, 11(1). Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/72096

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 16 , PDF Downloads: 8