IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN SENI DAN BUDAYA MATERI SENI MUSIK PADA KELAS 8B SMPN 1 MOJOSARI TAHUN 2024/2025

Penulis

  • M HIZA ALTHOF NABAWI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Heri Murbiyantoro Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Seni dan Budaya, Pelajaran Musik, Kurikulum Merdeka, SMP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi proses pada pembelajaran Seni dan Budaya materi Seni Musik di kelas 8B SMPN 1 Mojosari Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran Seni dan Budaya materi seni musik di kelas 8B SMPN 1 Mojosari Tahun 2024/2025 dilakukan melalui strategi diferensiasi konten, proses dan produk yang didasarkan 4 opsi pilihan kegiatan belajar. Faktor pendukung yaitu kompetensi guru Seni dan Budaya yang baik, respon positif peserta didik ketersediaan sumber belajar dan dukungan kebijakan sekolah. Hambatan yang dihadapi adalah terbatasnya alokasi waktu, penyesuaian kebutuhan belajar siswa yang kurang tepat, keadaan kelas yang kurang memadai dan terbatas, penyesuaian sistem penilaian dan keragaman motivasi dalam pembelajaran Seni dan Budaya. Untuk mengatasi hambatan tersebut, sekolah memberikan pelatihan, bimbingan, dan fasilitas pembelajaran yang mendukung. Pembelajaran berdiferensiasi terbukti mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bayumi dkk, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi, Yogyakarta: Agustus.

Danim, Sudarwan, 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru, Bandung: Alfabeta.

Dewi, Oscarina & Kusuma, Siti Luthfah. 2022. Modul 2.1 Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid, Jakarta: Kemdikbudristek, Dirjen Guru dan Tendik, Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas, dan Tendik.

Ika Maryani, Enung Hasanah, dan Suyatno, 2023. Asesmen Diagnostik Pendukung Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka, 1 ed. Yogyakarta: K-Media.

Kadarwati, Ani and Malawi, Ibadullah.2017. Pembelajaran Tematik: Konsep Dan Aplikasi. CV. Ae Media Grafika.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Panduan Pembelajaran dan Asesmen (Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah): 26

Mulyasa. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Bumi Aksara

Prastowo, Andi, 2018. Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar, 1 ed. Depok: Prenada Media Group.

Purba, Mariati dkk. 2021. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction), Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.

Purwowidodo, Agus dan Zaini, Muhamad, 2023. Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Riani, Asri Laksmi, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Kini, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rintayati, Peduk, 2022. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Rita Mariyana, dkk. 2010, Pengelolaan Lingkungan Belajar, Jakarta: Kencana Media Group.

Rustaman, 2003, Strategi Belajar Mengajar Biologi, Jakarta: Depikbud

Sugiyono, 2004. Metode Administrasi, Bandung: CV Alfa Beta.

Suharsimi Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Tomlinson, C. A. 2001. How to Differentiate Instruction in Mixed-ability Classrooms. Virginia USA: Ascd

Wulandari, Taat. 2020. Konsep Dan Praksis Pendidikan Multikultural. UNY Press.

Ristiani, Heny, dkk. 2021. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republika Indonesia.

Ambarita, Jenri dan Simanulang, Pitri Solida, 2023. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi, Indramayu: Adab.

Marlina, 2020. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif, Padang: Afifa Utama.

Sopianti, Dewi, 2023. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI Di SMAN 5 Garut. (https://ejournal.upi.edu/index.php/kanayagan/article/view/50950

Diterbitkan

2025-12-10

Cara Mengutip

NABAWI, M. H. A., & Murbiyantoro, H. (2025). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN SENI DAN BUDAYA MATERI SENI MUSIK PADA KELAS 8B SMPN 1 MOJOSARI TAHUN 2024/2025. Solah, 11(1). Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/73851

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama