PENGEMBANGAN MEDIA CD ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH MATERI JURNAL UMUM PERUSAHAAN JASA

  • LINDA DWI WAHYUNINGTYAS

Abstract

Artikel ini berisi tentang pengembangan media CD animasi interaktif sebagai pendukung implementasi pembelajaran berbasis scientific approach pada materi jurnal umum perusahaan jasa kelas X smkn 10 surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk berupa media CD animasi interaktif, (2) Mengetahui kelayakan produk media CD animasi interaktif, (3) Untuk mengetahui respon siswa mengenai media pembelajaran CD animasi interaktif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan teori dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu Four D Models (4-D Models) yang terdiri dari  define (pendefinisain), design (perancangan), develop (pengembangan), namun tanpa tahap Disseminate. Subyek dari penelitian ini adalah 20 siswa kelas X akuntansi 1 SMKN 10 Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media CD animasi interaktif yang dikembangkan memperoleh skor persentase  79% dari ahli materi, 84% dari ahli media, dan 90% dari hasil uji coba terbatas. Sehingga secara keseluruhan didapatkan skor persentase sebesar 84,3% dan dapat disimpulkan bahwa media CD animasi interaktif sebagai pendukung implementasi pembelajaran berbasis scientific approach pada materi jurnal umum perusahaan jasa sangat layak digunakan di kelas X akuntansi SMK.

Kata Kunci : Media pembelajaran, CD animasi interaktif, Scientific Approach, Jurnal umum perusahaan jasa.

Published
2014-08-21
How to Cite
DWI WAHYUNINGTYAS, L. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA CD ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH MATERI JURNAL UMUM PERUSAHAAN JASA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9153
Section
Article
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 47