PENGEMBANGAN MEDIA CD ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH MATERI JURNAL UMUM PERUSAHAAN JASA
Abstract
Artikel ini berisi tentang pengembangan media CD animasi interaktif sebagai pendukung implementasi pembelajaran berbasis scientific approach pada materi jurnal umum perusahaan jasa kelas X smkn 10 surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk berupa media CD animasi interaktif, (2) Mengetahui kelayakan produk media CD animasi interaktif, (3) Untuk mengetahui respon siswa mengenai media pembelajaran CD animasi interaktif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan teori dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu Four D Models (4-D Models) yang terdiri dari define (pendefinisain), design (perancangan), develop (pengembangan), namun tanpa tahap Disseminate. Subyek dari penelitian ini adalah 20 siswa kelas X akuntansi 1 SMKN 10 Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media CD animasi interaktif yang dikembangkan memperoleh skor persentase 79% dari ahli materi, 84% dari ahli media, dan 90% dari hasil uji coba terbatas. Sehingga secara keseluruhan didapatkan skor persentase sebesar 84,3% dan dapat disimpulkan bahwa media CD animasi interaktif sebagai pendukung implementasi pembelajaran berbasis scientific approach pada materi jurnal umum perusahaan jasa sangat layak digunakan di kelas X akuntansi SMK.
Kata Kunci : Media pembelajaran, CD animasi interaktif, Scientific Approach, Jurnal umum perusahaan jasa.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 47